Brilio.net - Momen kelulusan memang selalu menjadi hal yang membanggakan bagi siapapun, termasuk pada selebriti. Di tengah kesibukan berkarier di dunia hiburan, mereka masih bisa menyelesaikan pendidikannya.

Tak hanya itu, di tengah pandemi seperti sekarang ini, rasanya sangat sulit menjalani pendidikan. Terlebih bagi mereka yang menjalani pendidikan di perguruan tinggi. Ketika skripsi tentu saja membutuhkan bimbingan dosen untuk melancarkan penelitian yang mereka lakukan.

Sama halnya dengan anak SMA yang lulus tahun ini. Mereka harus menjalani pendidikan melalui daring. Pandemi corona tak menyurutkan semangat mereka untuk lulus. Kerja keras dan semangat menyelesaikan studi berbuah manis. Mereka dinyatakan lulus dari sekolah maupun perguruan tinggi. 

Di tengah kesulitan ini, beberapa selebriti ternyata berhasil menyelesaikan pendidikan saat pandemi corona. Siapa saja mereka? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (4/9).

1. Nadya Mustika

Loading...

foto: Instagram/@nadyamustikarahayu

Baru-baru ini rasa bahagia dirasakan Nadya Mustika. Wanita yang baru dipersunting Rizki DA beberapa bulan lalu ini ternyata baru saja menyelesaikan pendidikan D3 di bidang kebidanan. Kabar bahagia itu dibagikan Nadya lewat unggahan foto di Instagram.

"Bismillah.. Mengemban amanah baru, semoga Allah mempermudah urusan kita semua," tulis Nadya

Dalam unggahan itu, Nadya memperlihatkan sejumlah bunga yang dia dapatkan dari orang-orang tersayang.

"Alhamdulillah bisa sampai di titik ini setelah melalui berbagai macam ujian, terimakasih kepada Allah SWT serta orang orang yg terlibat selama ini," tulis Nadya.

Nadya juga menyampaikan bahwa untuk menggapai cita-cita tidaklah mudah, akan ada banyak penghalang yang harus dilewati. Namun hal itu bukan alasan untuk dirinya menjadi putus asa.

"Tinggal di panti bukan jadi penghalang untuk bisa menyelesaikan kuliah, banyak ujian bukan jadi alasan untuk tidak meraih cita cita. Jangan pernah putus asa dari Rahmat Allah, selagi kita mau berusaha Allah pasti memudahkan jalan kita. Terimakasih ya Allah telah membuatku menjadi orang yang lebih kuat," pungkas Nadya.

Ada hal menarik lainnya dari unggahan Nadya, yakni ucapan selamat dari Rizki DA. Hal ini menjadi menarik karena isu rumah tangga mereka yang dikabarkan sudah berakhir.

Dalam unggahan itu, Rizki meninggalkan komentar yang menarik perhatian publik.

foto: Instagram/@nadyamustikarahayu

"Selamat ya dek, semoga bermanfaat ilmunya nantinya aamiin," komentar Rizki DA.

2. Ify Alyssa

foto: Instagram/@ifyalyssa

Selama pandemi mau tidak mau semua proses belajar mengajar dilakukan secara virtual. Bahkan sebagian besar orang yang lulus tahun ini harus merayakannya secara virtual. Momen ini dirasakan oleh Ify Alyssa. Pada Juni lalu, Ify mengunggah momen kelulusannya usai melaksanakan sidang virtual.

"Banyak banget yg dilalui selama kuliah. But i’m truly gratefulllll akhirnya selesai juga inii kuliah musik," ungkap Ify.

Ify juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada orang-orang yang selama ini banyak membantu dirinya dalam meraih kelulusan.

"Terimakasih @julian.marantika sudah membimbing skripsi ini dari 0. Thank youu penguji sidang hari ini @indrawantjhin @srihanuraga. thankyouu dosen2 tercintaku dan THANKYOU TEMEN2 yg selalu aku tanya2in tapi tetap sabar, ga bs ku sebutin karena buaaaaanyak bgt!! U kno who u are," tulisnya.

Sidang skripsi dilakukan secara virtual, namun Ify sempat mengabadikan momen kelulusannya di kampus. Ia kebetulan memiliki agenda ke kampus untuk mengumpulkan beberapa dokumen.

foto: Instagram/@ifyalyssa

"Ps: sidangnya di rumah kok. cmn pas bgt hrs ngumpulin dokumen ke kampus jadi foto2 deh biar afdol!," pungkasnya.

3. Ria Ricis

foto: Instagram/@riaricis1795

Ria Ricis mengumumkan kelulusan kuliahnya di Instagram Story, pada 18 Agutus 2020. Ria Ricis akhirnya menyandang predikat sarjana. Kebahagiaan terpancar dari wajah Ria Ricis, sambil menunjukkan sebuah kain selempang yang bertuliskan namanya sekaligus gelar barunya.

"Aku lulus, aku sarjana," teriak Ria Ricis di Instagram Story nya sambil menunjukkan kain merah tersebut.

Ria Ricis juga memperlihatkan video saat para dosen mengumumkan kelulusannya di akun Instagram terverifikasi miliknya. Tampak ia berteriak saat dirinya dinyatakan lulus.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

alhamdulillah mantap gais lulus udah ini. udah sarjana kan tuh. tinggal ibadah aja disempurnain setengah. hehe terimakasih dosen2ku dan semuanya... hhe

A post shared by RICIS (@riaricis1795) on

"Alhamdulillah mantap gais lulus udah ini. udah sarjana kan tuh. tinggal ibadah aja disempurnain setengah. hehe terimakasih dosen2ku dan semuanya... hhe," tulisnya sebagai keterangan video.

Kelulusan Ria juga membuat keluarga bahagia. termasuk sang kakak, Oki Setiana dewi, begitu bahagia melihat adik bungsunya lulus kuliah. Ria Ricis selama ini menjalani perkuliahan sambil berkarier sebagai YouTuber, aktris, serta penulis buku.

2 dari 3 halaman

4. Caca Tengker

foto: Instagram/@cacatengker

Adik Nagita Slavina, Caca Tengker pada Februari 2020 membagikan momen bahagia setelah berjuang di sidang tesis untuk meraih gelar Magister Psikologi. Kala itu, sang suami tak bisa menemaninya, namun Caca tetap bahagia karena ditemani putri kecilnya, Ansara.

Setelah menikah dan disibukkan dengan beberapa hal, Caca sempat mau menyerah dengan pendidikannya. Beruntung sang suami begitu mendukungnya, hingga Caca berhasil menyelesaikan Program S2 Psikologi Klinis Dewasa.

Beberapa seleb muda lainnya juga merasakan hal serupa, mereka harus merayakan kelulusan SMA di tengah pandemi. Tak seperti proses kelulusan sebelumnya. Tak ada ujian nasional apalagi perayaan kelulusan.


5. Shaloom Razade

foto: Instagram/@wulanguritno

Anak Wulan Guritno, Shaloom Razade pada Juli 2020 baru saja menyelesaikan pendidikannya di Inggris. Di momen spesial tersebut, meski tak didampingi oleh sang ibunda di hari kelulusannya, namun Shaloom Razade nampak tetap tersenyum sumringah bersama beberapa kawan dekatnya.

foto: Instagram/@sharazaaa

"Belum resmi tapi kita bisa melakukannya! Terima kasih @wulanguritno dan @adilladimitrihardjanto untuk cinta yang terus menerus dan dukungannya, ini untuk kalian. Dan terima kasih untuk yang selalu menemaniku melewati segalanya, kamu membuatnya menjadi mungkin. Selalu bersyukur dan diberkati," tulis wanita kelahiran 24 Juni 1998 ini dalam bahasa Inggris.

Sang ibu tak bisa menemani di hari bahagianya itu, lantaran terhalang pandemi Corona Covid-19. Mereka hanya bisa memberikan selamat via daring. Meski tak dirayakan bersama keluarga, hari kelulusan tersebut dirayakan bersama sang kekasih yakni Sultan Alatas.


6. Tissa Biani

foto: Instagram/@tissabiani

Tissa Biani mengunggah momen bahagia kelulusannya di Instagram. Ia mengaku mendapat banyak pelajaran baru di tengah pandemi, seperti belajar di rumah, ujian di rumah, UN dihapus, tidak ada perpisahan atau wisuda layaknya siswa SMA yang sebelumnya.

"Setelah 12 tahun, akhirnya.
Untuk Papa, Mama, Mba Ita, Eyang, Om, Tante, dan Synergy Management. Terimakasih atas support yang tak henti-hentinya untukku agar tetap mementingkan pendidikan ditengah aktivitas pekerjaan aku di dunia entertainment," tulis Tissa.

Meski di awal terasa sangat berat, akhirnya Tissa bisa menyelesaikan pendidikannya.

"Walaupun di awal masih banyak keteteran ttg tugas dan ujian susulan, Tapi.. terimakasih atas semangat dan optimisme kalian sehingga aku bisa melewati ini semua.
Untuk guru-guru ku di @windsor.cibubur yang mungkin tidak bisa aku sebutkan satu persatu. Terimakasih atas supportnya, terimakasih sudah memberikan aku kesempatan untuk mengembangkan diri aku dibidang non-akademis maupun akademis," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

7. Yoriko Angeline

foto: Instagram/@yorikooangln_

Yoriko Angeline merupakan salah satu aktris muda yang mengawali karier sebagai penyanyi dalam grup Teenebelle. Selain meniti karier di dunia musik, ia pun aktif dalam seni peran di layar kaca maupun layar lebar.

Agustus lalu, Yoriko merayakan kelulusannya. Melalui unggahannya dai menceritakan sejak kelas 6 SD mendapatkan beasiswa sampai lulus SMA di sekolahnya, yaitu di Global Sevilla Pulomas.

"Selalu support aku dalam semua kegiatan aku, diberi beasiswa dari kelas 6 SD Sampai lulus SMA, pokoknya sekolah ter the best!," ungkap Yoriko.

8. Aaliyah Massaid.

foto: Instagram/@rezaartameviaofficial

Putri kedua Adjie Massaid dan Reza Artamevia ini juga lulus SMA di tengah pandemi. Kelulusannya mendapatkan ucapan berharga dari sang mama.

"Congratulations for my baby girl @aaliyah.massaid ..
~ Selamat ya nak ..skr sudah lulus SMA . ALHAMDULILLAH. Sdh bukan Anak2 lg dong...," tulis Reza.

foto: Instagram/@rezaartameviaofficial

Reza juga memberikan kejutan bunga dan balon bertuliskan, "Happy Graduation."

9. Megan Domani

foto: Youtube/Domani House Channel

Megan Anita Domani atau lebih dikenal dengan Megan Domani adalah salah satu bintang muda bertalenta yang telah malang melintang di dunia seni peran Tanah Air. Kepiawaiannya dalam dunia akting bahkan mengantarkannya dalam meraih penghargaan Aktris Pendamping Paling Ngetop di ajang SCTV Awards pada tahun 2019 lalu.

foto: Youtube/Domani House Channel

Mei lalu, Megan Domani mendapatkan kejutan dari keluarganya karena berhasil menyelesaikan pendidikan SMA homeschooling. Momen kejutan tersebut diunggah ke YouTube. Tak hanya dari keluarganya saja, bahkan kekasihnya Jeremie Moeremans, juga memberikan ucapan selamat.

10. Tiara Andini

foto: Instagram/@tiaraandini

Tiara Andini juga lulus SMA di tengah keadaan pandemi Covid-19. Tiara Andini mengaku hanya mendapatkan kabar kelulusan dari gurunya.

Juara kedua Indonesian Idol, Tiara Andini berhasil lulus SMA tepat waktu. Meskipun tidak ada UN maupun perayaan kelulusan, Tiara tetap merasa sangat senang karena bisa menyelesaikan pendidikannya. Momen bahagia itu dibagikan ke Twitter, alhasil ucapan selamat membanjiri dirinya.

RECOMMENDED BY EDITOR