Brilio.net - Semua pasti setuju bila Instagram adalah media sosial yang cukup mujarab untuk mempromosikan sesuatu. Tak hanya itu, media sosial ini juga bisa dijadikan alat eksistensi diri kepada publik.

Survei Hootsuit tahun 2021 mencatat pengguna internet di dunia telah mencapai 4,66 miliar jiwa. Dari jumlah tersebut sebanyak 4,22 miliar adalah pengguna media sosial.

Berbagai foto maupun video diunggah ke laman Instagram. Hal itu rupanya sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang. Bagi selebriti Tanah Air, Instagram menjadi media komunikasi dengan para penggemarnya. Di sana mereka juga bisa membagikan karya mereka kepada followers.

Kendati demikian, beberapa selebriti ini pernah memutuskan untuk mundur dari Instagram. Alasannya bermacam-macam, namun rata-rata mereka ingin beristirahat dari hingar bingar jagat maya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut ini 10 seleb yang pernah pamit main Instagram, Jumat (11/6).

1. Amanda Manopo.

seleb berhenti main instagram © 2021 Instagram

foto: Instagram/@amandamanopo

Saat ini siapa yang tidak mengenal Amanda Manopo. Apalagi setelah memerankan tokoh Andin di sinetron Ikatan Cinta. Meski sudah terkenal, tetapi dara 21 tahun tersebut tidak begitu suka mengumbar kehidupan pribadi di media sosial.

Bahkan baru-baru ini mantan kekasih Billy Syahputra itu mengumumkan bahwa ia sudah tidak lagi bermain Instagram. Pengumuman tersebut ia sampaikan lewat akun Twitter-nya pada Rabu (9/6). Amanda sendiri tidak memberitahu lebih lanjut tentang alasan dia pamit dari Instagram, yang jelas dia sudah menghapus aplikasi tersebut dari HP-nya.

2. Ariel Tatum.

seleb berhenti main instagram © 2021 Instagram

foto: Instagram/@arieltatum

Seleb lain yang juga memutuskan berhenti main Instagram, yakni Ariel Tatum. Perempuan kelahiran 1996 itu memang pernah mengumumkan untuk jeda bermain Instagram lewat akun pribadinya.

"After a long consideration, I have decided to go on a break from both the television and any form of social medias. So see you when I see you!" tulis Ariel pada unggahan foto di Instagram-nya, @arieltatum.

3. Dinda Kirana.

seleb berhenti main instagram © 2021 Instagram

foto: Instagram/@dindakirana.s

Dinda Kirana juga pernah memutuskan untuk break dari Instagram. Keputusan ini diambil karena Dinda merasa media sosial telah menyita waktunya. Ia menuliskan alasan berhenti main Instagram lewat postingan foto.

"Aku rasa ini saat yang tepat untuk istirahat dari media sosial. medsos sekarang yang gak sedikit banyak membicarakan hal kurang baik dan kadang lumayan menyita waktu aku karena aku jadi pingin cari tau. Aku rasa akan lebih baik buat aku juga untuk manfaatin waktu buat melakukan hal yang bisa bawa manfaat lebih. terimakasih. I'll see you when I see you!" tulis Dinda lewat caption postingan Instagram-nya.

4. Dewi Perssik.

seleb berhenti main instagram © 2021 Instagram

foto: Instagram/@dewiperssikreal

Siapa sangka bila pedangdut Dewi Perssik juga pernah memutuskan untuk berhenti menggunakan Instagram. Memang sebelumnya akun pelantun 'Mimpi Manis' sempat diretas oleh orang tak bertanggung jawab. Sejak saat itu Dewi memutuskan untuk pamit sejenak dari Instagram dan akan membuat akun baru.

5. Eva Celia.

seleb berhenti main instagram © 2021 Instagram

foto: Instagram/@evacelia

Sama halnya dengan seleb di atas, penyanyi Jazz Eva Celia juga pernah rehat berhenti main Instagram untuk beberapa lama. Keputusan ini bertujuan untuk mendetox kehidupannya dari media sosial. Eva berhenti bermain Instagram dari 25 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018.

6. Sarah Sechan.

seleb berhenti main instagram © 2021 Instagram

foto: Instagram/@sarsehshoku

Pada 2017 presenter kenamaan Sarah Sechan memutuskan untuk berhenti bermain media sosial, termasuk Instagram. Sarah menyebutkan dirinya ingin kembali ke kehidupan tanpa memikirkan orang lain. Sarah juga ingin mendekatkan diri kepada sang pencipta, juga merefleksikan diri atas kegagalan dan pencapaian selama ini.

7. Cinta Laura.

seleb berhenti main instagram © 2021 Instagram

foto: Instagram/@claurakiehl

Keputusan Cinta Laura mundur sementara dari dunia Instagram mengejutkan banyak orang. Cinta sempat berpamitan main Instagram pada 5 Juli 2019 lalu. Ia beralasan karena ingin beristirahat dan ingin lebih dekat dengan orang sekitar.

8. Tengku Nadira.

seleb berhenti main instagram © 2021 Instagram

foto: Instagram/@tengkunadiraadn

Penyanyi cantik Tengku Nadira pada tahun 2017 pernah mengundurkan diri dari Instagram. Bukan tanpa alasan, pamitnya Nadira dari Instagram karena ingin melanjutkan hidupnya lebih tenang dan menghindari komentar dari haters.

"Dia memutuskan untuk menonaktifkan Instagram karena Nadira ga ingin melihat postingan atau komentar yang menuju fitnah ataupun celaan dan makian terhadapnya. Jadi lebih baik dia tidak melihat daripada buat dia sakit hati atau kepikiran," jelas tim manajemen Nadira.

9. Mulan Jameela.

seleb berhenti main instagram © 2021 Instagram

foto: Instagram/@mulanjameela1

Pelantun 'Makhluk Tuhan Paling Seksi', Mulan Jameela, pernah berhenti menggunakan akun Instagram. Kejadian tersebut terjadi pada Desember 2016 lalu. Mulan berhenti bermain Instagram karena banyaknya haters yang menghujani akun miliknya. Kini ia sudah kembali ke Instagram dan memulai sesuatu yang baru.

10. Rina Nose.

seleb berhenti main instagram © 2021 Instagram

foto: Instagram/@rinanose16

Pelawak Rina Nose pernah memutuskan untuk berhenti main Instagram untuk sementara. Istri Josscy Vallazza itu memilih berhenti main Instagram karena banyaknya haters yang menghujat kehidupan pribadi Rina.