Brilio.net - Menyandang status selebriti tentu bukanlah perkara mudah. Memiliki popularitas dan dipuja-puja oleh penggemarnya menuntut para seleb untuk selalu menjaga perilaku dan menjadi panutan bagi setiap orang. Salah sedikit dalam bertindak pun kerap kali membuat beragam komentar negatif disematkan untuk para seleb, hal ini tentu sangat berdampak pada karier yang telah dirintisnya.

Seperti beberapa musisi Tanah Air ini. Dikenal sebagai seleb berbakat dengan popularitasnya di dunia hiburan, mereka justru menghebohkan publik dengan kabar yang kurang menyenangkan. Keterlibatan mereka dalam kasus penyalahgunaan narkoba membuat publik dibuat kaget sebab selama ini mereka dikenal dengan image yang nggak neko-neko.

Terbaru, artis cantik Reza Artamevia yang harus berurusan dengan pihak berwajib lantaran terbukti menggunakan narkoba jenis sabu selama empat bulan terakhir. Penangkapan ibu dua anak ini lantas menghebohkan dunia hiburan dan para penggemarnya. Kendati demikian, bukan hanya Reza saja. Sejumlah musisi Tanah Air ini juga harus berurusan dengan pihak berwajib karena menyalahgunakan narkoba.

Siapa saja mereka? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber musisi Tanah Air yang terjerat narkoba pada Senin (7/9).

1. Reza Artamevia.

Loading...

musisi Tanah Air terjerat narkoba © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@rezaartameviaofficial

Wanita bernama lengkap Reza Artamevia Adriana Eka Suci harus diamankan polisi karena penyalahgunaan narkoba. Pelantun tembang Pertama itu diamankan kepolisian Polda Metro Jaya pada Jumat (4/9) lalu. Kepolisian Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus pun berhasil menemukan sejumlah barang bukti narkoba jenis sabu saat pengungkapan kasus tersebut.

"Barang bukti yang berhasil kita amankan adalah satu klip sabu-sabu seberat 0,78 gram kemudian ada dompet, ada alat hisap (bong), ada korek api. 1,2 juta dia beli, satu klip beratnya 0,78 gram sabu-sabu itu masih kita lakukan pengecekan ke labfor," jelas Yusri Yunus sepeti dilansir brilio.net dari Kapanlagi.com.

Dalam kesempatan yang sama, Kombes Yusri Yunus membeberkan kronologi penangkapan wanita bersuara emas itu. Pihaknya menjelaskan jika Reza ditangkap di sebuah restoran pada sore hari.

"Seseorang wanita inisialnya adalah RA, yang bersangkutan adalah memang publik figur kita ketahui bersama waktu kejadian sekitar Jumat kemarin, 4 September sekitar pukul 16.00 di salah satu restoran di Jalan Raya Jatinegara, Jakarta Timur," terangnya dilansir dari Kapanlagi.com.

2. Anton J-Rocks.

musisi Tanah Air terjerat narkoba © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@antonjrocks.kelces

Drummer band J-Rock, Anton Rudi Kelces ditangkap polisi karena penyalahgunaan narkoba jenis ganda pada 21 Oktober lalu. Anton ditangkap Satresnarkoba Polres Tanjung Priok di kediamannya di kawasan Serpong, Tangerang. Tak hanya sendiri, bersama tiga temannya ia juga ditetapkan menjadi tersangka. Pihak kepolisian pun menemukan barang bukti berupa satu paket narkotika jenis ganja yang digunakan oleh Anton.

3. Slank.

musisi Tanah Air terjerat narkoba © 2020 berbagai sumber

foto: Kapanlagi.com

Grup band yang dibentuk pada 26 Desember 1983 ini sempat berurusan dengan narkoba di masa awal kariernya. Pada waktu itu, grup band ini pun sempat dibubarkan karena anggotanya yakni sang vokalis, Kaka dan Bimbim Slank terjerat kasus narkoba. Terlepas dari itu semua, setelah tujuh tahun berurusan dengan polisi, kini Bimbin dan Kaka memutuskan berhenti menggunakan barang haram tersebut. Bahkan band yang dikenal dengan gayanya yang nyentrik, kini ditunjuk oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai salah satu musisi yang menjadi Duta Anti Narkoba.

4. Fariz RM.

musisi Tanah Air terjerat narkoba © 2020 berbagai sumber

foto: Kapanlagi.com

Musisi senior Fariz RM juga harus berurusan dengan hukum setelah terjerat kasus narkoba. Pada 28 Oktober 2007 silam ia ditahan dalam sebuah razia di Jakarta. Pihak kepolisian menemukan 1,5 linting ganja seberat 5 gram yang disimpan dalam bungkus rokok.

Setelah melalui tes urine, Fariz dinyatakan positif menggunakan narkoba jenis ganja. Tak hanya sekali, Fariz pun harus menjalani proses persidangan selama 3 kali dengan kasus yang sama yakni penyalahgunaan narkoba.

5. Imam S Arifin.

musisi Tanah Air terjerat narkoba © 2020 berbagai sumber

foto: Kapanlagi.com

Setali tiga uang dengan Fariz, pedangdut senior Tanah Air yakni Imam S Arifin harus berurusan dengan pihak berwajib karena kasus penyalahgunaan narkoba di tahun 2008 dan 2010. Tak jera, di tahun 2012 dan 2016, ia juga harus menjalani kasus yang sama. Sepanjang perjalanan hidupnya, Imam S Arifin telah tersandung kasus narkoba sebanyak empat kali.

6. Ridho Rhoma.

musisi Tanah Air terjerat narkoba © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@ridho_rhoma

25 Maret yang lalu, pedangdut Ridho Rhoma diciduk Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat di sebuah hotel kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat. Dari tangan Ridho, polisi mengamankan sabu seberat 0,7 gram berikut alat hisapnya.

"Barbuk yang berhasil ditemukan yang ada padanya, yaitu 0,7 gram jenis sabu beserta dengan alatnya, bong atau alat penghisap. Itu yang ditemukan di TSK berinisial RR," jelas Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Roycke Langie dilansir dari Liputan6.com.

Setelah ditangkap, pihak kepolisian langsung membawa putra Raja Dangdut untuk diperiksa secara intensif. Dari hasil pemeriksaan tes urin pun menunjukkan dirinya positif menggunakan narkoba jenis sabu. Polisi kemudian menetapkan Ridho sebagai pengguna dan harus dituntut hukuman selama 2 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

7. Bjah eks The Fly.

musisi Tanah Air terjerat narkoba © 2020 berbagai sumber

foto: Kapanlagi.com

Pada pertengahan 2013 silam, pemilik nama lengkap Muhammad Hamzah atau akrab disapa Bjah diciduk anggota Direktorat IV Narkoba Mabes Polri di sebuah klub malam di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat. Bjah yang dikenal sebagai vokalis The Fly ini ditangkap lantaran penyalahgunaan kasus narkoba.

Pihak kepolisian menemukan barang bukti antara lain bong hisap, 03 gram sabu-sabu, 14 butir happy five serta 1,5 butir ekstasi. Setelah bebas dari jeratan hukum, kini mantan vokalis The Fly tersebut dikabarkan tak lagi aktif di dunia hiburan dan memilih untuk mendalami agama.

8. Roby Satria 'Geisha'.

musisi Tanah Air terjerat narkoba © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@roby_geisha

Gitaris band Geisha, Roby Satria juga harus tersandung masalah narkoba. Tak hanya sekali, ia dua kali terlibat dalam kasus yang sama. Roby ditangkap polisi pertama kali pada 2013 lalu atas kepemilikan 0,5 gram ganja. Di tahun 2015, ia kembali harus berurusan dengan polisi dengan kasus yang sama. Kala itu ia ditangkap di Pulau Dewata, Bali.

Roby mengaku jika sudah menjadi pecandu narkoba sejak masih duduk di bangku SMA. Setelah menjalani serangkaian proses hukum, Roby kemudian dinyatakan bebas pada Mei 2016 lalu.

9. Ello.

musisi Tanah Air terjerat narkoba © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@marcello_tahitoe

Pada 2017 lalu, Marcello Tahitoe atau akrab disapa Ello harus berurusan dengan pihak berwajib atas dugaan kepemilikan ganja. Penangkapan Ello terjadi tak lama setelah Tora Sudiro juga ditangkap karena penyalahgunaan psikotropika. Pelantun tembang Berdiri Sampai Mati tersebut mengungkapkan menggunakan obat-obatan terlarang tersebut untuk menghilangkan stres dan rasa gelisah yang menyerangnya.

"Saya misal banyak pikiran. (Efek) Lebih lemas saja paling membuat rileks dan santai," pungkas Ello dilansir dari Kapanlagi.com.

10. Iwa K.

musisi Tanah Air terjerat narkoba © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@iwaktherockfish

Rapper kondang Iwa Kusuma atau akrab disapa Iwa K juga harus berurusan dengan kepolisian dalam kasus penyalahgunaan narkotika jenis ganja. Dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tangerang dengan agenda vonis, ia harus dijatuhi sanksi penjara 6 bulan rehabilitasi. Ketua Majelis Hakim Sunbasana Hutagalung dalam putusannya menyebutkan, bahwa pelantun lagu Bebas Lepas terbukti bersalah menggunakan narkotika.

"Pidana penjara selama enam bulan," ujar Sunbasana di Ruang 7 PN Tangerang dilansir dari Merdeka.com

RECOMMENDED BY EDITOR