Brilio.net - Kabar tak menyenangkan datang dari Ussy Sulistiawaty. Lewat channel YouTube Ussy Andhika Official, ia memberanikan diri untuk menceritakan kondisi kesehatannya dalam beberapa waktu terakhir.

Rupanya, Ussy bersama keluarga baru saja terkena Covid-19. Ussy menuturkan bahwa ada 8 anggota keluarganya yang positif Covid-19 dan semua bermula pada tanggal 24 Maret 2021.

Awalnya, Ussy sudah merasakan gejala-gejala terinfeksi virus corona. Namun saat itu ia masih berpikir bahwa gangguan kesehatan yang ia rasakan bukanlah gejala Covid-19. Hingga akhirnya ia pun melakukan tes dan hasilnya positif terinfeksi virus corona. Ternyata, suaminya Andhika Pratama dan anak-anaknya pun merasakan hal yang serupa. Kejadian ini pun membuat Ussy merasa sedih.

"Gue nggak mau nyalahin siapa-siapa, ketemu dimana tempat mana, gue nggak mau nyalahin. Emang guenya yang salah," kata Ussy.

Ussy kemudian memaparkan kronologi dirinya bersama keluarga terserang Covid-19. Berikut 10 cerita Ussy Sulistiawaty dan keluarga terkena Covid-19 seperti dirangkum brilio.net dari YouTube Ussy Andhika Official pada Kamis (15/4).

Loading...

1. Merasakan tenggorokan gatal.

Ussy Sulistiawaty & keluarga terkena Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Ussy Andhika Official

Ussy Sulistiawaty menceritakan bahwa ia mulai merasakan gejala Covid-19 pada 24 Maret 2021 lalu. Namun, saat itu Ussy masih berpikir bahwa ia hanya kelelahan dan terlalu banyak mengonsumsi makanan ringan karena merasa tenggorokannya gatal.

"Semua ini bermula di tanggal 24 Maret 2021, itu hari Rabu. Pada hari Selasa malam tiba-tiba aku ngerasa leher aku itu kaya gatel, tapi bukan batuk. Kaya gatal aja gitu. Aku awalnya santai gitu karena awalnya aku pikir yaudahlah aku abis makan snack-snack kali.," jelas Ussy.

2. Anak kedua Ussy alami batuk.

Keesokan harinya setelah Ussy merasakan gatal pada tenggorokannya, Sheva anak keduanya dengan Andhika Pratama tiba-tiba mengalami batuk. Hal tersebut membuat Ussy mulai panik. Mendapati kondisinya dan sang anak menunjukkan gejala Covid-19, Ussy pun segera periksa ke dokter.

"Pas bangun paginya Rabu itu Sheva pun sama, Sheva juga batuk. Sheva batuk nah aku langsung tu deg-degan," lanjutnya.

Ussy dan Sheva kemudian pergi periksa ke dokter umum. Hasilnya, dokter mengatakan bahwa ia hanya menderita radang tenggorokan dan Sheva hanya menderita batuk biasa.

"Waktu ke dokter, dokter bilang aku ke radang, radang tenggorokan. Terus aku tanya harus PCR nggak dok? terus dokternya bilang nggak perlu, minum obat aja karena tenggorokan aku emang merah. Sheva pun di dokter anak yang lain dikasih obat flu, batuk, dan lain-lain tapi nggak perlu pakai antibiotik katanya gitu karena ini batuk biasalah, batuk normal," jelas Ussy Sulistiawaty.

3. Mulai tidur terpisah dengan suami dan anak-anaknya.

Setelah periksa dari dokter, malam harinya Ussy pun memutuskan untuk tidur terpisah dengan suami dan anak-anaknya. Saat tidur, Ussy bahkan tetap memakai masker.

"Malemnya itu kita udah mulai tidur pisah. Jadi bukan di tempat tidur rame-rame, jadi aku di bawah sama Saka. Sheva di atas sama Andhika sama Elea. Nah mulai malam aku mulai batuk, aku berpikir obat yang dikasih paginya itu untuk memacing batuk agar keluar," tutur Ussy.

4. Ussy dinyatakan positif Covid-19.

Ussy Sulistiawaty & keluarga terkena Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Ussy Andhika Official

Sampai Kamis malam, Ussy pun merasa batuknya tak kunjung berhenti terutama saat dirinya sedang tidur. Hal tersebut juga dialami oleh Sheva. Semakin khawatir akan kondisinya, Ussy pun kembali periksa ke dokter pada hari Jumat untuk mengetahui kondisi terbarunya.

Ussy kemudian melakukan tes PCR. Pada siang harinya tepatnya pukul 2 siang Ussy kembali menghubungi pihak rumah sakit untuk menanyakan hasil PCR.

"Tiba-tiba aku telfon dulu, aku telfon Sus sudah belum ya ini hasilnya, hasil swab PCR tadi pagi. Tiba-tiba maaf bu positif. CT nya aku waktu itu 20. Ketika aku tahu aku positif itu badan aku kaya di tarik ke bawah, kaya berat gitu badan aku," kata Ussy.

5. Andhika Pratama juga positif Covid-19.

Merasa belum terlalu yakin dengan hasil tesnya, Ussy pun memutuskan untuk melakukan tes PCR lagi di laboratorium lain bareng Andhika.

"Jam 2 pagi Andhika ketok-ketok, masuk bilang kita positif, di Lab yang satunya lagi," tutur Ussy.

Mengetahui hasil tes Ussy dan Andhika menunjukkan positif terpapar virus corona, semua orang yang berada di rumah Ussy melakukan tes PCR termasuk anak-anak Ussy Sulistiawaty.

"Yang PCR malamnya itu anak-anak, mbak-mbak semuanya keluar. Satu positif namanya Mbak Nisa yang biasa megang Saka. Mbak Nisa positif, yang lainnya negatif Alhamdulillah," tambahnya.

Dari tes yang dilakukan oleh seluruh anggota keluarganya, terdapat satu orang yang positif yakni pengasuh baby Saka, Mbak Nisa.

6. Anggota keluarga yang terpapar Covid-19 terus bertambah.

Ussy Sulistiawaty & keluarga terkena Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Ussy Andhika Official

Saat melakukan tes PCR pada malam itu, tidak semua anggota keluarga Ussy menunjukkan hasil positif. Hal ini dikarenakan masa inkubasi virus corona sampai 10 hari. Pada hari Minggu, tepatnya 28 Maret 2021, salah satu anggota di rumah Ussy positif Covid-19.

"Tiba-tiba si Diky gini, Mbak saya batuk, oke PCR. Jadi Diky Jumat PCR hari Minggu dia PCR lagi, dan keluar positif. Akhirnya Diky isolasi sendiri di kamar atas," kata Ussy.

Pada hari Senin, dua anggota di rumah Ussy dinyatakan positif Covid-19.

"Hari senin, tiba-tiba dua orang lagi Mbak Julia sama Mbak Hani, Mbak saya batuk. Paginya antigen dulu di lab yang sama, siangnya PCR karena aku gak yakin dan positif, dua orang lagi," lanjutnya.

7. Andhika dan Sheva dinyatakan negatif lebih dulu.

Pada hari Minggu, 28 Maret 2021 Andhika dan Sheva kembali melakukan tes PCR. Hasilnya, suami dan anak Ussy tersebut telah dinyatakan negatif dari virus corona.

"Pada hari Minggu, Sheva sama Andhika PCR dan hasilnya keluar Andhika negatif, Sheva negatif," jelas Ussy.

8. Indera penciuman Ussy kembali berfungsi.

Pada hari Kamis, 1 April 2021 penciuman dan indera perasa Ussy sudah kembali normal setelah seminggu dinyatakan positif.

"Hari Senin itu aku cek paru-paru lagi dan cek darah. Darah ku udah negatif. Paru ku yang ada flek kemarin juga aman. Dokter hanya suggest beberapa bulan lagi CT Scan, dan lain-lainnya. General check up. Waktu itu aku langsung PCR. CT aku udah dari 19 apa 20, lupa udah di 28 dalam waktu 3 hari. Kamis, you know what penciuman aku kembali. Aku udah bisa nyium-nyium. Penciuman aku sudah kembali," papar Ussy.

Mendapati kondisinya semakin membaik, Ussy kembali melakukan tes PCR pada Jumat, 2 April 2021. Dari tes tersebut, menunjukkan hasil CT Ussy sudah mencapai 34.

"Hari Jumat aku PCR lagi, jadi 3 kali PCR. Aku PCR lagi itu CT aku udah 34. Jadi udah mau sembuh sebenarnya kan," katanya.

9. Seluruh keluarga kembali lakukan tes PCR.

Ussy Sulistiawaty & keluarga terkena Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Ussy Andhika Official

Hari Senin, 5 April 2021 Ussy beserta seluruh anggota keluarganya kembali melakukan tes PCR untuk mengetahui perkembangan kondisi mereka. Hasilnya, semua orang negatif kecuali Mbak Ike, pengasuh Saka selama Ussy dalam masa isolasi.

"Hari senin aku mau PCR. Tapi sebelum aku PCR, aku mau PCR lagi nih semua mbak-mbak di rumah lagi, dan inilah dia gaes semua negatif kecuali 1 Mbak positif, itu Mbak Ike. Mbak Ike itu yang megang Saka," kata Ussy.

"Ike positif, aku negatif. Jadi aku langsung PCR aku udah keluar, senin Ike Positif, aku hari Selasanya PCR aku negatif di hari Selasa." lanjutnya.

Setelah pengasuh Saka positif, Saka juga dinyatakan positif Covid-19.

"Hari Senin nya, ketika Ike positif, anak-anak semua di PCR kembali, dan Saka positif." tambah Ussy.

10. Ada 6 dokter yang memantau Ussy dan keluarga.

Ussy Sulistiawaty & keluarga terkena Covid-19 © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Ussy Andhika Official

Agar dirinya dan seluruh anggota keluarganya segera negatif Covid-19, ada 6 dokter yang memantau kesehatan Ussy dan keluarganya.

"6 dokter yang tiap hari memantau perkembangan aku, memantau perkembangan anak-anak juga," ungkap Ussy.

Selain dibantu 6 dokter, rumah Ussy juga disemprot desinfektan secara rutin 2 hari sekali serta olahraga sampai semuanya dinyatakan negatif.

RECOMMENDED BY EDITOR