Brilio.net - Pepatah 'buah jatuh tidak jauh dari pohonnya', tidak selalu berlaku dalam hal profesi. Kenyataannya banyak anak memilih karier yang berbeda dari pekerjaan orangtuanya. Keinginan lepas dari bayang-bayang kesuksesan sang orangtua, bisa jadi menjadi salah satu alasan mereka -di luar alasan passion tentunya.

Pilihan profesi yang berbeda ini bahkan juga terjadi di kalangan militer. Padahal, sudah jamak kita jumpai adanya anak seorang tentara yang diarahkan untuk juga menjadi tentara di kemudian hari.

Tapi, orang-orang berikut ini adalah pengecualian. Mereka ini anak tentara yang memilih berkarier di dunia yang jauh sekali dari pekerjaan orangtuanya. Mereka memilih menjadi artis, ketimbang mengangkat senjata sebagai prajurit militer.

Fenomena ini terjadi di dunia hiburan Tanah Air dan luar negeri, seperti Hollywood. Siapa saja mereka? Berikut ulasan singkatnya, dikutip dari brilio.net berbagai sumber, Kamis (5/10).


1. Marini Zumarnis.

seleb anak tentara Instagram marinizumarnisreal

foto: Instagram/@marinizumarnisreal

Artis kawakan dunia sinetron Indonesia ini ternyata merupakan seorang anak tentara. Ayah Marini bernama Brigjen TNI Zumarnis Zein, yang kini telah kembali ke pangkuan Tuhan YME.

Dalam peringatan HUT TNI ke-72 pada Kamis (5/10) ini, artis cantik 41 tahun tersebut mengunggah sebuah foto yang diberi caption sebagai berikut.

Dirgahayu TNI......ke 72
Semoga Semakin Jaya, Kompak dan Membanggakan.....
Menjaga NKRI..
Bangga ku menjadi Anak Tentara Indonesia..
Ayahku Akmil angkatan 1965 TIBTA
.Brigjen TNI Zumarnis Zein.(ALM)
Ya ALLAH... lapangkan kuburnya, terangi kubur nya...dan terimalah amal ibadah nya selama di dunia dan terima lah amal ibadah keturunannya
#huttnike72#anaktentara#tibta#indonesia

 

2. Iwan Fals.

artis anak kolong Istimewa

foto: kapanlagi.com


Penyanyi yang bernama asli Virgiawan Listanto ini dikenal publik sebagai penyanyi yang kerap menyuarakan kritik sosial lewat lagunya. Dari karya-karyanya yang kerap menyindir penguasa ketika itu, tidak terbayangkan bahwa penyanyi yang dikenal dengan nama Iwan Fals ini adalah anak kolong -istilah untuk anak tentara.

Ayahanda Iwan Fals adalah anggota militer dengan pangkat terakhir Kolonel Anumerta.


3. Cak Lontong.

artis anak kolong Istimewa

foto: twitter


Komedian yang terkenal dengan lawakan-lawakan yang cerdas dan keahliannya bermain kata ini adalah anak seorang tentara. Pria kelahiran Magetan, 7 Oktober 1970 tersebut belum lama ini kehilangan ayahnya yang meninggal dunia karena sakit.

Ayahnya, Ladi, merupakan purnawirawan TNI AU.


4. Doddy Katamsi.

artis anak kolong Istimewa

foto: istimewa


Musisi legendaris Indonesia ini adalah anak dari Amoroso Katamsi. Selama ini publik lebih mengenal Amoroso Katamsi sebagai artis karena banyak membintangi film dan sinetron dan pernah menjadi Ketua PARFI.

Padahal, Amoroso Katamsi ini pernah berdinas di TNI Angkatan Laut hingga mencapai golongan perwira tinggi dengan pangkat terakhir Laksamana Pertama.


5. Ami Gumelar.

artis anak kolong Istimewa

foto: kapanlagi.com


Istri dari mantan atlet bulu tangkis Taufik Hidayat ini merupakan putri dari Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar. Selama ini Agum juga dikenal sebagai politisi.


6. Jessica Alba.

artis anak kolong Istimewa

foto: LJT Images/WENN.com


Bintang Fantastic Four, Jessica Alba ini memiliki darah militer di tubuhnya. Ayahnya adalah tentara di Angkatan Udara AS.


7. Christina Aguilera.

artis anak kolong Istimewa

foto: celebrityminibiography.com


Penyanyi pop Christina Aguilera ini memiliki ayah yang berdinas di Angkatan Darat AS.


8. Anushka Sharma.

artis anak kolong Istimewa

foto: istimewa


Artis Bollywood kelahiran 1 Mei 1988 ini merupakan anak seorang tentara. Ayahnya, Ajay Kumar Sharma, adalah tentara angkatan darat India berpangkat Kolonel.


9. Reese Witherspoon.

artis anak kolong Istimewa

foto: wenn.com


Aktris pemenang Academy Award, Reese Witherspoon juga lahir dari keluarga militer. Ayahnya, John Draper Witherspoon, merupakan dokter militer berpangkat Letnan Kolonel yang bertugas di Angkatan Darat AS.


10. Pink.

artis anak kolong Istimewa

foto: istimewa


Ayahanda Pink merupakan tentara yang terlibat dalam perang Vietnam. Dalam salah lagunya berjudul My Vietnam, Pink bahkan menulis, "Daddy was a soldier he taught me about freedom /Peace and all the great things that we take advantage of."


11. Bruce Willis.

artis anak kolong Istimewa

foto: istimewa


Aktor laga, Bruce Willis lahir di Iber-Oberstein, Jerman. Ayahnya adalah seorang tentara Angkatan Darat AS.