Brilio.net - Hari Raya Imlek biasanya dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang, berkumpul bersama keluarga menjadi salah satu pilihan yang nyaman dan aman.      

Karena itu, keindahan dan kebersihan rumah merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan agar keluarga merasa nyaman. Nah untuk membuat kondisi rumah rapi dengan tampilan berbeda, kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah tak terpakai lagi di rumah untuk dijadikan dekorasi yang cantik.

“Hunian yang nyaman memberikan atmosfer yang positif ke seluruh penghuni rumah dan tentunya para tamu. Manfaatkan barang-barang tidak terpakai yang ada di rumah,” ujar Lo Novita Andriany, Marketing Manager Krisbow.

Berikut tiga ide mengreasikan barang-barang yang tidak terpakai menjadi dekorasi rumah yang unik dan cantik.

1. Bikin vas estetik dari botol kaca

3 Ide dekorasi Imlek © 2022 brilio.net Freepik.com 

Kamu nggak perlu repot membeli vas bunga baru untuk menghias rumah. Kamu bisa memanfaatkan botol kaca bekas dan tali rami goni untuk membuat vas bunga yang cantik.

Caranya mudah, kamu hanya perlu melilitkan tali rami goni dan rekatkan menggunakan lem tembak atau glue gun pada botol kaca yang sudah dibersihkan. Isi vas dengan tanaman cantik yang juga dipercaya bisa membawa hoki pada perayaan Imlek, seperti tanaman mei hwa, anthurium, bunga bakung, atau pohon uang.

2. Bikin ornamen oriental unik dari kayu atau bambu bekas

3 Ide dekorasi Imlek © 2022 brilio.net Pinterest/andrew hantzarides 

Nah biasanya di rumah, potongan kayu atau sumpit bambu sekali pakai seringkali menumpuk dan menjadi limbah. Tapi jika kamu kreatif, limbah ini justru bisa disulap menjadi ornamen unik sebagai dekorasi rumah. 

Caranya, potong bambu atau kayu sesuai keinginan, kemudian amplas agar permukaannya menjadi lebih halus. Lalu cat dengan warna merah untuk menambahkan aksen Imlek. Kemudian, susun secara vertikal hingga membentuk sebuah pola yang kamu inginkan.

Hiasan kayu atau bambu tersebut bisa menjadi pattern cantik dan aksen yang unik di dinding rumah kamu, dijamin akan membuat sanak saudara terkesan.

3. Hias meja makan dengan tempat sendok dan garpu yang unik

3 Ide dekorasi Imlek © 2022 brilio.net Pinterest/mastump.com.br 

Momen Hari Raya Imlek juga biasanya diisi dengan tradisi makan bersama keluarga. Meja makan tentunya perlu didekorasi mulai dari ornamen taplak meja, alat makan, sampai ke storage sendok dan garpu.

Manfaatkan kaleng bekas yang menumpuk di rumah untuk menjadi tempat sendok dan garpu dengan cara yang mudah. Haluskan permukaan kaleng yang telah dicuci bersih, lalu cat dengan warna merah dan emas untuk menampilkan aksen Imlek di meja makan kamu.

Nah untuk menyatukannya dengan storage lainnya, gunakan mesin bor untuk melubangi bagian atas dari kaleng tersebut, lalu satukan dengan menggunakan sekrup. Jadilah storage sendok dan garpu baru minim budget yang bisa menghiasi meja makan kamu serta membuat alat makan kamu semakin rapi saat kumpul keluarga.