Brilio.net - Seringkali terdapat lahan kosong di rumah yang sudah dibangun puluhan tahun. Ruangan kosong itu seringkali dimanfaatkan sebagai gudang, atau biasanya dibiarkan begitu saja.

Nah, daripada hanya dibiarkan terbengkalai. Mungkin kamu bisa mengubah ruang kosong itu jadi sesuatu yang bermanfaat. Seperti yang dilakukan oleh wanita yang satu ini.

Dilansir dari TikTok @anindietazhra, Rabu (5/10), wanita ini merenovasi lahan kosong di samping rumahnya menjadi tempat cuci atau laundry room yang minimalis.

"Makeover lahan kosong samping rumah jadi laundry room. Kali ini aku bakalan makeover lahan samping di rumah yang nggak ke pake," katanya.

makeover lahan kosong samping rumah © TikTok

foto: TikTok/@anindietazhra

Lahan kosong samping rumah ini biasanya dijadikan tempat menyimpan barang dan alat-alat, seperti tangga, perabotan dapur, dan barang tak terpakai. Mula-mula barang disingkirkan ke tempat lain terlebih dahulu.

Proses awal yaitu meratakan dinding dengan semen dan cat. Agar proses pengerjaan tidak lama, lantai yang lama tidak dibongkar dan langsung ditambal dengan plester baru.

makeover lahan kosong samping rumah © TikTok

foto: TikTok/@anindietazhra

Atap rumah yang sudah ada sejak 1998 itu dibongkar dan diganti dengan atap fiber transparan. Lahan kosong yang ada tidak semua digunakan jadi tempat cuci. Bagian sudut tetap difungsikan sebagai gudang.

Supaya terlihat rapi dan barang-barang bekas tidak terekspose, wanita ini memasang pembatas berupa pintu. 

"Ini om aku bikin pintu sendiri, buat nutupin nanti yang berantakan," ungkapnya.

makeover lahan kosong samping rumah © TikTok

foto: TikTok/@anindietazhra

Step berikutnya adalah proses pemasangan barang-barang yang dibutuhkan untuk laundry room. Di antaranya tentu ada mesin cuci, jemuran, keran dan selang, serta ambalan dinding.

Supaya terlihat estetik, pemilik juga menambah hiasan dinding berupa tulisan 'Laundry Room'. Supaya ruang cuci terlihat compact, sabun cuci dan produk pembersih ditata rapi di atas ambalan.

makeover lahan kosong samping rumah © TikTok

foto: TikTok/@anindietazhra

Seperti inilah hasil sebelum dan sesudah lahan kosong samping rumah disulap jadi tempat cuci. Karena berada di samping rumah, pemilihan cat warna putih menambah kesan luas dan bersih.

Video yang diunggah oleh akun @anindietazhra itu berhasil mencuri perhatian warganet. Video makeover pertamanya sudah ditonton lebih dari 14 juta kali.

makeover lahan kosong samping rumah © TikTok

foto: TikTok/@anindietazhra

"1000/10 gilaaa kerenn bangettt," puji Cahya Atthaphan.

"kalo ditambhin daun rambat pasti makin bagus100/10 bagus bgt," ucap keyla_nafisa.

"kakk tambahin daun daunan gitu aja di tembok/pot kecil di ambalan, biar lebih fresh ruangannya terus gak suntuk gitu pas nyuci," timpal .

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR