Brilio.net - Kamar tidur menjadi salah satu tempat pulang yang paling nyaman. Selepas beraktivitas seharian, tubuh dan pikiran butuh istirahat. Tempat yang paling ingin dituju tentu rumah. Sementara salah satu ruangan yang mampu membayar kelelahanmu adalah kamar tidur.

Membanting badan di kasur yang nyaman memang jadi obat lelah mujarab. Namun demikian, banyak  dari kita yang justru susah menemukan ketenangan saat di kamar. Pernah merasakan hal demikian?

Sepertinya ada hal yang perlu diperhatikan lagi di ruang tidurmu, bisa jadi ada kesalahan penataan kamar tidur. Coba perhatikan detail penataan kamar tidurmu, bisa jadi penyebabnya ada dari kesalahan penataan.

Nah, brilio.net punya langkah penataan kamar tidur yang bisa membantu istirahatmu makin nyaman. Berikut 8 inspirasi penataan kamar tidur yang bisa membuat tubuhmu beristirahat dengan maksimal, seperti dihimpun dari House Beautiful, Rabu (15/11).


1. Cukup cahaya dan sirkulasi udara.

kamar tidur rest © 2017 brilio.net

foto: housebeautiful.com/Amy Bartilam


Salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah sirkulasi dan pencahayaan dari kamar tidurmu. Kondisi kamar dengan sirlukasi dan pencahayaan yang cukup ini bisa menjadi kunci penilai kesehatanmu.
 
 
2. Pilih lampu tidur yang tepat.

kamar tidur rest © 2017 brilio.net

foto: housebeautiful.com/Phlips Hue


Saat tidur sebaiknya gunakan lampu yang mampu memberikan warna hangat seperti kuning. Jangan gunakan lampu yang membuat silau karena hal tersebut justru membuat istirahatmu jadi nggak maksimal.


3. Aplikasikan cat tembok yang gelap dan teduh untuk menciptakan suasana tenang.

kamar tidur rest © 2017 brilio.net

foto: housebeautiful.com/Dan Mazzarini, Bhom Design, dan Adam Macchia


Pilih warna-warna gelap yang cenderung meneduhkan seperti warna abu-abu. Hal tersebut mampu memberikan suasana tenang dalam kamar tidurmu. Warna abu-abu sendiri sekarang lagi jadi tren karena cocok untuk tema Scandinavia Bedrooms.


4. Singkirkan barang-barang berantakan dalam wadah tertentu.

kamar tidur rest © 2017 brilio.net

foto: housebeautiful.com


Kamar tidur yang kita tempati pasti memiliki banyak barang bawaan. Jangan biarkan barang-barangmu berantakan. Pastikan kamu menempatkan benda-bendamu dalam sebuah wadah yang rapi.

Siapa sih, yang suka kamar berantakan? Bukannya rileks di kamar, kamu bisa makin pusing lihat barang berantakan.


5. Tambahkan tanaman atau bunga pada kamar tidur.

kamar tidur rest © 2017 brilio.net

foto: housebeautiful.com/Dan Mazzarini, Bhom Design, dan Genevieve Garruppo


Tanaman hijau mampu memberikan keteduhan dan kesejukan tersendiri. Apalagi kalau kamu hidup di perkotaan, rasanya warna hijau dari tanaman sudah mulai jarang.

Nah, biar kamu makin nyaman dalam beristirahat, kamu bisa membeli tanaman hijau atau bunga di kamarmu.


6. Pilih perpaduan warna yang monoton.

kamar tidur rest © 2017 brilio.net

foto: housebeautiful.com/@Dan Mazzarini, Bhom Design, dan Reid Rolls


Memilih warna terang dan corak yang heboh pada perabotan kamar justru tak mendatangkan suasana tenang. Pilihlah warna monokrom yang cenderung monoton. Warna-warna tersebut justru mampu menciptakan suasana tentram.


7. Pilih kasur yang nyaman dan tebal.

kamar tidur rest © 2017 brilio.net

foto: housebeautiful.com/@Dan Mazzarini, Bhom Design, dan Reid Rolls


Tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Salah satu yang bisa dilakukan adalah tidur. Tak sedikit dari kita yang tetap tak menemukan kenyamanan dan kualitas tidur yang baik. Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah salah memilih kasur. Pilihlah kasur tebal yang mampu memberikan rasa nyaman.


8. Buat tempat bersantai di kamarmu seperti sofa nyaman atau karpet.

kamar tidur rest © 2017 brilio.net

foto: housebeautiful.com/@Dan Mazzarini, Bhom Design, dan Adam Macchia


Menambahkan sofa atau karpet di kamar tidur ini bisa menjadi tempat untuk bersantai atau melakukan relaksasi. Selepas beraktivitas, ketika mendapati spot nyaman ada di kamar tidur. Pastilah siapapun akan betah berlama-lama di sana.

Selamat mencoba dan berkreasi ya, Sobat Brilio!