Brilio.net - Siapa sih yang nggak ingin memiliki rumah indah nan asri? Nah saat mendekorasi hunian, banyak instrumen yang bisa digunakan. Namun harus disesuaikan dengan kondisi dan luas rumah ya. Salah satu materi yang kerap digunakan untuk mempercantik rumah adalah dengan menggunakan keramik. 

Saat ini, beragam model dan corak keramik semakin banyak di pasaran sehingga memberikan pilihan untuk kamu mendekorasi rumah baik di dalam maupun luar ruang. Selama ini, mungkin banyak orang hanya memanfaatkan keramik untuk lantai. Namun dengan beragam corak, desain, tekstur, dan warna, keramik juga bisa mempercantik dinding.    

“Kita nggak harus menggunakan keramik yang mahal, sebenarnya dengan motif tertentu sudah bisa mempercantik ruangan,” ujar Senior Operations Manager PT Sumber Setia Kreasi, Syaiful Bahri saat pembukaan gerai pertama jaringan ritel toko keramik dan bahan bangunan populer di Malaysia, Super Ceramic Tiles & Design Sdn Bhd (Super Ceramic) di Indonesia yang berlokasi di Pekayon, Bekasi, Rabu (27/1/2021).

Berikut beberapa teknik dan desain yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik rumah menggunakan keramik.    

1. Teknik mozaik

Loading...

7 Desain keramik © 2021 brilio.netmansionglobal.com/Artaic

Buat kamu yang ingin bagian rumah tampil unik mungkin bisa menggunakan teknik pemasangan keramik dengan pola mozaik. Biasanya teknik ini menggunakan keramik berukuran kecil dengan beragam warna yang kemudian ditata untuk membentuk pola tertentu sesuai dengan desain yang diinginkan.

Mosaic sangat fleksibel untuk diaplikasikan menjadi aneka desain, sesuai dengan berbagai gaya interior, baik minimalis, klasik ataupun etnik. Teknik ini bisa menggunakan pola geometris dan simetris untuk menciptakan desain yang menarik. Desain jenis ini biasanya bagus untuk mendekorasi lantai kamar mandi, lorong, dapur, bahkan luar ruangan.

2. Pola anyaman (herringbone)

7 Desain keramik © 2021 brilio.nethomedit.com

Pola anyaman sangat populer untuk lantai kayu. Namun saat ini semakin banyak orang yang menggunakan pola tersebut dengan menggunakan keramik kecil persegi panjang sebagai dinding. Pemasangan teknik ini akan terlihat cantik jika disusun dalam formasi selang-seling. Pola ini sangat pas untuk diaplikasikan pada kamar mandi atau dinding dapur.

3. Teknik subway

7 Desain keramik © 2021 brilio.netLindsay Stetson Thompson/Mindy Gayer Design Co via thespruce.com   

Teknik ini mengikuti pola pemasangan keramik yang terdapat di stasiun kereta bawah tanah (subway) di New York. Penataan dinding yang unik ini mulai diperkenalkan pada 1904 dengan menggunakan keramik putih berukuran 3 x 6 inci.

Penataan model subway sudah menjadi desain klasik yang bertahan hingga sekarang. Pemasangan model ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada dinding kamar mandi atau dapur.

Dikenal dengan istilah running bond dimana pengaplikasian pola keramik subway menyerupai pola batu bata. Penggunaan nat dengan warna kontras dapat menonjolkan pola keramik, sementara penggunaan nat dengan warna senada keramik dapat menciptakan kesan bersih dan homogen.

4. Kombinasi pola berbeda dengan penggunaan bingkai

7 Desain keramik © 2021 brilio.netHouzz via goodhousekeeping.com

Menggabungkan dua pola, di mana pola subway menjadi latar dan desain lain menjadi sentral merupakan strategi jitu untuk memperindah ruangan. Pilihlah keramik dengan pola yang lebih sederhana sebagai latar dan bingkailah keramik yang lebih bervariasi untuk menciptakan kesan dinamis.

5. Pola permadani

7 Desain keramik © 2021 brilio.netgoodhousekeeping.com

Membuat permadani menggunakan keramik bisa menjadi cara yang bagus untuk menciptakan suasana ruangan menjadi lebih elegan. Susun keramik bermotif secara simetris untuk membentuk motif permadani. Cara ini sangat cocok diaplikasikan pada ruangan yang cukup luas.  

6. Pola zig-zag

7 Desain keramik © 2021 brilio.nethomedit.com

Mirip dengan pola anyaman. Kamu juga bisa memasang keramik dengan pola zig zag serta membuat garis ubin dengan warna yang sama. Bisa juga memadukan dua waran keramik untuk menciptakan desain yang lebih menarik misalnya membuat pola chevron.

7. Tiga dimensi

7 Desain keramik © 2021 brilio.netPinterset @GMJ bath&kitchen

Siapa bilang keramik tidak bisa dibuat tiga dimensi? Saat ini sudah ada keramik dengan motif tiga dimensi. Jadi jika kamu bosan dengan lantai atau dinding yang itu-itu saja, tidak ada salahnya untuk mencoba desain tiga dimensi diaplikasikan pada rumah kamu.   

Misalnya untuk lantai kamar mandi kamu bisa menggunakan motif lautan. Untuk lantai atau dinding dapur kamu bisa menggunakan motif taman.   

Keunggulan lantai keramik tiga dimensi memiliki permukaan yang kuat, keras dan tidak gampang pecah. Cara membersihkannya pun lebih mudah karena tidak memiliki nat sambungan. Teknik pemasangan keramik tiga dimensi sangat cocok untuk diaplikasikan pada lorong.  

Cara mendapatkan keramik berkualitas

7 Desain keramik © 2021 brilio.net@yans_brilio

Nah untuk mendapatkan keramik yang bagus, saat ini juga terbilang mudah. Kamu bisa mendatangi jaringan ritel toko keramik dan bahan bangunan seperti Super Ceramic yang menawarkan bahan bangunan mulai ubin lokal berkualitas, ubin import, mozaik kaca, batu kerikil, batu susun, perekat ubin, trim ubin dari berbagai merk ternama.

Menurut Direktur Utama PT Sumber Setia Kreasi, Trix Wong, di masa pandemi seperti sekarang, selain masyarakat terus berjuang untuk tetap sehat, tidak sedikit juga yang berusaha membuat rumahnya lebih nyaman.

“Kami begitu bersyukur, bangga dan senang dapat hadir di Indonesia tahun ini. Super Ceramic Tiles mengawali kiprahnya di Indonesia dengan membuka gerai perdananya di Pekayon, Bekasi. Masa pandemi ini menjadi semangat tersendiri,” ujar Wong seraya menjelaskan kiprah Super Ceramic yang berdiri sejak 1998, sebagai dealer bahan bangunan yang menawarkan ubin lokal berkualitas, ubin import, mozaik kaca, batu kerikil, batu susun, perekat ubin, trim ubin dari berbagai merk ternama.

Showroom yang menempati lahan toko seluas 1600m persegi ini berkonsep baru dan modern ini menawarkan pengalaman gaya hidup trendy, termasuk konsep DIY dan free 3D design. Nah lewat teknologi free 3D design, konsumen bisa menentukan konsep yang ingin diaplikasikan sebelum membeli kebutuhan bahan bangunan yang diinginkan. Selain itu gerai ini juga menawarkan fast delivery.

RECOMMENDED BY EDITOR