Brilio.net - Dapur yang tertata dengan rapi bisa sangat berpengaruh pada mood memasak. Bayangkan jika harus terbangun di pagi hari dan bersiap memasak sarapan untuk dengan dapur yang berantakan.

Untuk itu, selalu jaga kebersihan dan kerapian dapur. Jangan jadikan dapur sebagai gudang kedua di mana semua barang menumpuk dan berantakan. Membuat dapur selalu rapi tidaklah sulit.

Kamu anya perlu menyimak dan mempraktikkan lima tips berikut ini:

1. Manfaatkan bahan makanan jadi hiasan.

dapur © 2018 brilio.net-foto: pixabay.

Loading...

Kamu tak bisa menyimpan seluruh bahan makanan di dalam di dalam kulkas. Oleh karena itu, manfaatkanlah kitchen set. Jika tak memiliki banyak waktu, bisa menggunakan jasa desain interior seperti Dekoruma. Kamu akan dibantu menciptakan kitchen set idaman oleh tim Dekoruma dengan model, material dan ukuran yang paling sesuai kebutuhan.

Tahukah bahwa juga bisa memanfaatkan bahan makanan sebagai hiasan. Bahan makanan memiliki bentuk dan warna yang beragam, dengan hanya perlu meletakkannya di dalam toples kaca yang bening dan susun di rak gantung atau meja. Jangan lupa untuk memilih toples yang kedap udara.

Bahkan, juga bisa menjadikannya hiasan dinding. Misalnya, menempatkan bubuk cabai, cokelat, dan merica yang punya warna-warni cantik. Letakkan ke dalam toples kecil lalu gantung di dinding secara langsung. Dengan begitu, kabinet atau kitchen set bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang lain.

2. Simpan perkakas yang jarang digunakan.

Alat dapur © Pixabay

foto: pixabay.com

Memiliki alat dapur yang lengkap adalah dambaan setiap ibu rumah tangga. Namun terkadang tak semua alat dapur itu dibutuhkan setiap hari. Ada sejumlah alat dapur yang hanya dibutuhkan pada saat-saat tertentu, misalnya mixer saat akan membuat kue dan panci presto saat mencoba memasak ayam goreng presto. Selebihnya, alat-alat tersebut akan dibiarkan menganggur pada tempatnya.

Cepat-cepat singkirkan alat yang tak digunakan dan simpan dengan baik. Kamu bisa menyiapkan kabinet khusus untuk menyimpan beragam perkakas dapur yang tak digunakan setiap hari. Dengan begitu, alat-alat ini tak akan mengganggu pandangan dan membuat dapur terlihat lebih lega dan rapi.

3. Segera sortir perlengkapan dapur.

Alat dapur © Pixabay

foto: pixabay.com

Jangan biarkan perlengkapan dapur dan makan yang kotor menumpuk begitu saja di tempat cuci karena bisa membuat dapur tampak lebih berantakan. Sebaiknya, membeli troli khusus untuk alat-alat dapur dan makan yang kotor. Pilih troli bertingkat yang akan memudahkan dalam menyortir sebelum mencuci. Tidak sulit untuk menemukan troli ini, bahkan bisa membeli troli khusus dari Dekoruma dengan harga yang terjangkau.

Untuk apa menyortir peralatan sebelum dicuci? Agar peralatan yang dicuci bisa maksimal bersihnya. Pernahkah mencoba mencuci piring dengan bersih tapi masih ada sisa minyak dari rendang yang disantap? Nah, dengan troli kamu bisa mulai memilahnya dan mencucinya secara terpisah. Dahulukan peralatan yang tak mengandung minyak untuk dicuci. Selanjutnya, bisa mencuci yang lain secara bertahap sampai pada yang kandungan minyaknya cukup banyak.

Setelahnya, jangan lupa menyusunnya dengan rapi di rak piring. Keberadaan rak piring di dapur menjadi kunci agar dapur rapi. Cobalah untuk membeli rak piring bersusun minimalis agar mempunyai ruang yang cukup meletakkan peralatan makan yang banyak. Supaya kebersihan tetap terjaga, gunakan penutup pada rak piring Anda agar tidak terjamah oleh partikel yang kotor atau serangga.

4. Tetapkan jadwal bersih-bersih dapur.

dapur minimalis 1-8 © 2017 Pinterest

foto: istimewa-

Memiliki dapur rapi yang apik adalah impian semua orang, salah satu kunci terpenting selain selalu membersihkan dapur setelah selesai memasak adalah dengan menetapkan satu waktu khusus untuk membersihkan ruangan yang satu ini. Misalnya, berkomitmen untuk membersihkan dapur secara total seminggu sekali. Jangan sampai

Saat bersih-bersih total ini, bisa mengecek semua kabinet dan kitchen set di dapur. Bisa saja barang-barang yang ada di dalamnya sudah berdebu karena terlalu lama tak digunakan. Siapkan lap basah dan kering untuk membersihkan peralatan rumah tangga yang butuh dibersihkan dengan segera.

5. Atur belanja bulanan.

Alat dapur © Pixabay

foto: pixabay.com

Selain perkakas dapur, hal lain yang bisa menumpuk dan membuat dapur tampak tak rapi adalah bahan makanan yang tersimpan secara berlebihan. Barangkali, memilih belanja banyak sekaligus agar hemat dan praktis tanpa memikirkan ruang untuk menyimpannya di dapur nanti. Jika dibiarkan, bahan makanan akan menumpuk dan mengganggu keindahan dapur.

Cobalah untuk mengatur ulang belanja bulanan. Jika dapur memiliki ruang yang terbatas, beli bahan makanan secukupnya saja. Bisa juga mengubah jadwal belanja menjadi dua kali sebulan. Hal ini juga bertujuan membuat tetap mengonsumsi bahan makanan dalam kondisi baik, bukan bahan makanan yang telah lama disimpan di dapur. Ingat, selalu berikan yang terbaik untuk keluarga.

RECOMMENDED BY EDITOR