Brilio.net - Memiliki rumah selalu menjadi impian semua orang. Sebagai tempat untuk berlindung, rumah harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya. Namun untuk mencari rumah yang cocok tak semudah membalik telapak tangan. 

Ada banyak aspek yang harus diperhatikan untuk memilih hunian yang membuat penghuninya kerasan. Mulai dari budget yang dimiliki, lokasi, hingga kemudahan akses untuk menuju rumah tersebut.      

Karena itu sebelum memutuskan membeli atau menyewa rumah, baiknya kamu mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya agar kamu tidak menyesal dan bisa meminimalisir risiko. Berikut tips yang harus kamu perhatikan

1. Pilih calon hunian lebih dari satu

Tips memilih rumah © 2021 brilio.net quickenloans.com

Saat memilih calon hunian, sebaiknya kamu memiliki list lebih dari satu. Bila rumah yang dipilih tidak sesuai dengan harapan, kamu bisa pindah ke pilihan rumah lainnya. Paling tidak, kamu memiliki minimal lima daftar calon rumah.

Mencari rumah sewaan atau membeli rumah gampang-gampang susah. Tapi kini kamu bisa mencarinya lewat website properti yang bisa memberikan rekomendasi rumah, apartemen dan produk properti lain yang bisa kamu pilih.

2. Sesuaikan dengan lokasi dan budget

Tips memilih rumah © 2021 brilio.net buyersedgellc.com

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah lokasi. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu, pilih lokasi yang dekat dengan pusat kota, dekat kantor atau keduanya. Tetapi kedua hal itu ada kendalanya. Biasanya rumah yang dekat dengan kota dibanderol harga yang cukup tinggi. 

Cari rumah yang tidak dekat dan tidak jauh dari kota maupaun kantor dan tentu sesuaikan dengan budget yang ada. Sebab, bila sewa atau beli rumah dengan anggaran yang mepet, kamu akan kesulitan bila ada hal-hal yang diperlukan di luar rencana seperti untuk biaya perbaikan atau renovasi.

3. Cek rumah secara langsung

Tips memilih rumah © 2021 brilio.net opendoor.com

Bila sudah menetapkan beberapa rumah yang sudah dipilih, sebaiknya cek rumah secara langsung. Ini sangat disarankan, karena jika melihat dari foto atau mengirim perwakilan saja tidak cukup. Kamu bisa melihat dan memeriksa kondisi rumah secara langsung.

Jangan lupa cek kondisi atap, listrik, air, pintu, kloset dan lainnya. Apakah berbagai hal tersebut berfungsi dengan baik dan aman. Bila rumah memerlukan perbaikan yang cukup banyak, sebaiknya pindah ke pilihan lain.

4. Cari informasi seputar daerah tempat tinggal

Tips memilih rumah © 2021 brilio.net realtor.com

Perhatian pada lingkungan sekitar tempat tinggal juga tak kalah penting. Sebab tak hanya hunian saja yang memengaruhi rasa nyaman, tetapi juga lingkungan sekitarnya. Tanyakan pada pemilik rumah atau tokoh setempat seperti RT dan RW seputar kondisi lingkungan, peraturan, biaya listrik air dan keamanan lingkungan. Kamu juga disarankan menyimpan kontak telepn pengurus RT dan RW.

5. Baca kontrak perjanjian sewa dengan teliti

Tips memilih rumah © 2021 brilio.net livemint.com

Bagi kamu yang hendak menyewa rumah, baca dengan teliti surat kontrak perjanjian sewa. Diskusikan dengan pemilik rumah hal-hal yang membuat kamu  keberatan dan temukan kesepakatan yang menguntungkan dua belah pihak.

Jangan sungkan untuk bertanya secara detail. Misal di tengah-tengah sewa kamu merasa tidak nyaman dan hendak pindah, apakah uang sisa sewa bisa dikembalikan atau malah hangus, atau bisa dipindahtangankan.

Tanyakan pula apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan rumah yang kamu sewa. Misal melakukan renovasi atau yang lainnya. Jangan lewatkan pasal-pasal yang tertulis di kontrak perjanjian.