Salah satu bagian rumah yang sangat penting adalah kamar mandi. Ya, keberadaan kamar mandi memiliki peran tersendiri. Saat ini untuk beberapa rumah minimalis atau kos-kosan biasanya kamar mandi dibuat dengan ukuran yang cukup sempit tidak kurang dari 1,5 meter persegi padahal kamar mandi memiliki berbagai perlengkapan dan sangat tidak mendukung untuk ukuran yang sempit.

Nah, bagi kamu yang sering mengeluhkan kamar mandi sempitmu, maka simak dulu yuk 10 cara membuat kamar mandi sempitmu jadi tampak luas sebagaimana yang dilansir brilio.net dari Bob Vila, Rabu (13/2). Dijamin pengen langsung membuatnya.

1. Hindari Walpaper yang berlebihan.

tips kamar mandi © 2016 brilio.net

Kamar mandi yang sempit akan semakin sempit jika kamu menggunakan walpaper atau cat dengan campuran warna yang cukup banyak. Usahakan kamar mandimu yang sempit hanya menggunakan satu warna cat dan lebih baik memilih warna yang bisa memantulkan cahaya dengan baik seperti putih dan hijau serta hindari menggunakan warna gelap apalagi hitam.

2. Gunakan aksesoris lampu yang benar.

tips kamar mandi © 2016 brilio.net

Menggunakan penutup lampu dengan ukuran cukup besar dan tidak mendominasi ruangan bisa digunakan, itu akan memberi kesan luas pada langit-langit kamar mandimu.

3. Manfaatkan ruangan dengan maksimal.

tips kamar mandi © 2016 brilio.net

Kamar mandi sempit jangan dipenuhi dengan dekorasi yang tidak dibutuhkan. Hal utama yang perlu kamu manfaatkan adalah tempat-tempat yang tidak terduga yang bisa menjadi tempat penyimpanan. Misalnya saja di bawah wastafel yang digunakan untuk menyimpan kertas toilet, tisu dan berbagai kebutuhan.

4. Hindari perabot kayu.

tips kamar mandi © 2016 brilio.net

Kamar mandi sempit kamu jangan ditambah sempit lagi dengan penggunaan interior dari bahan kayu. Itu bakal bikin kamar mandimu makin sesak.

5. Letakkan peralatan bantu lainnya di dinding.

tips kamar mandi © 2016 brilio.net

Memasang barang-barang dengan posisi tegak di dinding bakal bikin kamar mandimu terasa luas. Benda seperti gunting, alat cukur dan gunting bisa ditempel di dinding kamar mandi menggunakan strip magnetik.

6. Gunakan kaca besar yang menempel di dinding.

tips kamar mandi © 2016 brilio.net

Kaca akan memberi kesan yang luas untuk kamar mandi pribadimu.

7. Hindari penggunaan jendela pada kamar mandi.

tips kamar mandi © 2016 brilio.net

Selain tidak aman, memasang jendela pada kamar mandimu juga akan membuat kamar mandimu tampak sempit. Untuk sirkulasi udara gunakan dengan ukuran kecil saja.

8. Pilih jenis pintu yang sesuai.

tips kamar mandi © 2016 brilio.net

Hindari pintu yang dibuka langsung apabila kamar mandimu sempit. Pilihlah pintu geser tradisional.

9. Gantung perlengkapan mandi di tirai.

tips kamar mandi © 2016 brilio.net

Jika biasanya perlengkapan mandi diletakkan di dekat wastafel maka kini saatnya kamu menggunakan trik mengantung perlengkapanmu biar nggak memenuhi ruangan.

10. Manfaatkan belakang pintu.

tips kamar mandi © 2016 brilio.net

Selain menggantung perlengkapan mandi di tirai, memanfaatkan belakang pintu untuk menyimpan barang-barang juga bisa menjadi salah satu trik cerdasnya.

Mudahkan untuk diterapkan? Nah, mulai dari sekarang nggak ada alasan lagi bagi kamu mengeluhkan kamar mandimu yang sempit ya.