Brilio.net - Di era digitalisasi saat ini perekrutan pegawai terasa semakin mudah. Pasalnya dengan dukungan teknologi yang semakin canggih pelamar kini bisa mendaftar melalui website ataupun e-mail. Pelamar kerja tidak perlu susah payah mengirimkan berkas lamaran ke perusahaan secara langsung.

Banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan dapat diakses melalui berbagai macam layanan atau website. Salah satunya yakni website LokerBandung.id. yang berisi mengenai informasi lowongan kerja Bandung, Jawa Barat. Platform ini hadir sebagai solusi praktis untuk mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan terlengkap. Semua informasi loker yang tersedia sudah terjamin keamanan dan validitasnya.

Perlu diketahui, ketahui jika saat ini ada begitu banyak penipuan berkedok lowongan kerja. Di mana para pelamar harus mengisi data diri pribadi yang berujung pencurian data. Oleh sebab itu, sebelum mendaftar kerja secara online, pastikan validitas dan keamanan lowongan kerja tersebut sudah terjamin.

Tips mencari lowongan kerja agar tidak kena tipu.

Nah, berikut beberapa penjelasan mengenai cara atau tips untuk terhindar dari lowongan kerja palsu atau hoax. Simak ulasannya bersama brilio.net himpun, Kamis (27/10).

1. Lebih teliti terhadap tawaran pekerjaan.

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk terhindar dari hoax lowongan pekerjaan adalah lebih teliti dengan berbagai macam tawaran. Kamu bisa menghubungi atau mengunjungi situs web dari perusahaan terkait untuk memastikan kebenaran informasi loker tersebut.

Selain itu, juga bisa melakukan pencarian pada halaman internet terkait pihak yang telah menawarkan pekerjaan. Cek ulasan terkait pihak tersebut untuk memastikan keamanan informasi yang diberikan. Di situs LokerBandung.id kamu bisa memilih beragam penawaran pekerjaan khususnya untuk di daerah Bandung dan sekitarnya.

2. Memeriksa alamat email terkait.

Sebaiknya selalu waspada terhadap alamat email perusahaan. Umumnya, perusahaan yang sudah terpercaya akan menggunakan email bisnis. Pertimbangkan pula untuk membuat e-mail terpisah yang digunakan khusus untuk melamar pekerjaan.

3. Jangan pernah mau membayar di awal.

Setiap orang yang sedang mencari kerja tentu mengharapkan penghasilan. Namun apa jadinya jika kamu justru harus mengeluarkan budget untuk mendapatkan gaji? Perlu diketahui, tarikan awal tersebut merupakan salah satu indikasi penipuan. Sebab kedok penipuan pada umumnya akan diawali dengan meminta setoran sebagai janji pekerjaan.

4. Hati-hati mengenai deskripsi pekerjaan yang kurang jelas.

Tips menghindari penipuan terkait lowongan kerja yaitu lebih teliti dalam melihat deskripsi pekerjaan. Apabila deskripsi dari lowongan pekerjaan dirasa tidak jelas lebih baik dihindari. Biasanya modus penipuan akan menawarkan kandidat dengan posisi sebagai perantara antara pembeli dan perusahaan. Hanya saja, barang yang dijual di sini tidak diketahui jenisnya atau bisa dibilang ilegal.

5. Melindungi informasi pribadi.

Informasi pribadi tentunya harus selalu dijaga. Informasi tersebut seperti alamat lengkap, nomor identitas, tanggal lahir dan lain sebagainya. Biasanya data pribadi ini akan dicantumkan para kandidat pelamar pekerjaan pada resume atau CV-nya. Oleh sebab itu, sebelum mengirim CV ke pihak tertentu, pastikan pihak terkait sudah terjamin profesional.

6. Jangan isi formulir yang abal-abal.

Tips selanjutnya agar terhindar dari lowongan kerja palsu adalah dengan tidak asal dalam mengisi formulir, terutama yang abal-abal. Memang, tidak semua lowongan akan menggunakan formulir umum seperti Google formulir sebagai metode rekrutmen. Namun pada umumnya perusahaan akan memberikan akses khusus yakni formulir melalui website resminya.

Jadi apabila diharuskan untuk mengisi formulir lewat form selain website resmi perusahaan, maka jauh lebih baik untuk selalu berhati-hati. Pastikan apakah ada kontak resmi dari perusahaan di dalam formulir tersebut. Jika formulir ternyata palsu bisa saja data yang sudah kamu masukkan justru akan disalahgunakan.

Dengan mempertimbangkan beberapa tips di atas, risiko penipuan berkedok lowongan kerja bisa diminimalisir. Nah, untuk mendapatkan informasi lowongan kerja yang sudah terjamin keamanannya, bisa cek di LokerBandung.id.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR