Brilio.net - Di masa pandemi yang serba menyulitkan ini, banyak orang kehilangan pekerjaan. Untuk mendapatkan lowongan pekerjaan juga semakin sulit karena banyak perusahaan yang melakukan refocusing. 

Saat ini perusahaan yang mencari karyawan baru terbilang minim. Sekalinya ada lowongan pekerjaan, saingannya berlipat-lipat lebih banyak dari sebelum pandemi.

Mengingat kondisi seperti ini, kehadiran media informasi seputar lowongan kerja ini terasa sangat membantu, salah satunya, lokernas.id. Media yang didirikan Hendro Mardika, sekaligus founder ini menaungi beberapa startup edukasi.

“Platform ini didirikan dengan maksud memberikan kemudahan informasi bagi para pencari kerja di seluruh Indonesia. Agar dapat mengetahui info lowongan yang tersedia,” jelas Hendro.

Media loker © 2021 brilio.net themuse.com 

Media yang berdiri sejak 2017 ini awalnya hanya mengunggah ulang informasi loker dari situs resmi perekrut kerja. Nah Hendro mendirikan lokernas.id dilatarbelakangi keinginannya untuk memberikan informasi yang bisa dipercaya masyarakat dan tidak merugikan pencari kerja.

Maka, lahirlah lokernas.id yang bisa diakses melalui media sosial dan website resmi. Akun Instagram-nya sudah memiliki sebanyak 1 juta pengikut. “Awal berdiri memang belum banyak pengunjung yang tertarik membuka website karena baru merintis dan belum banyak dikenal,” ujarnya.

Namun tanpa berkecil hati, ia terus berusaha memberikan info loker setiap hari, hingga akhirnya semakin dikenal dan dipercaya sebagai salah satu tempat mencari info loker di Indonesia. Banyak spesifikasi info lowongan kerja yang diberikan platform ini, mulai dari loker swasta, BUMN hingga CPNS.

Media loker © 2021 brilio.net Hiexpat Korea 

Beragamnya informasi lowongan kerja tersebut memudahkan para pencari kerja mendapatkan profesi yang sesuai dengan kualifikasinya. Para perekrut pun bisa ikut berpartisipasi dengan mengirim informasi data lowongan kerja yang sedang dibutuhkan, setelahnya akan di-posting di media lokernas.id.

“Perekrut bisa menghubungi CP (contact person) yang ada di bio atau lewat DM (direct message) di Instagram. Lalu tim akan menyaring atau mengecek kelayakan, keakuratan dan kebenaran mengenai informasi tersebut,” papar Hendro. 

Penyaringan yang ketat tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya informasi lowongan pekerjaan palsu yang merugikan pencari kerja. Bila terdapat informasi yang mengganjal, Hendro akan langsung menolak kerjasama.

“Salah satu syarat kerjasama dengan kami adalah harus dari perusahaan yang jelas. Kami juga memberikan edukasi kepada pengikut kami agar berhati-hati dengan info loker palsu,” katanya.

Media loker © 2021 brilio.net livecarreer.com

Hendro berkeyakinan menjadikan lokernas.id menjadi media website maupun media sosial lowongan kerja yang dipercaya dan paling dicari oleh masyarakat. Sehingga, dapat membantu menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia setiap tahun.

“Media ini akan terus berkembang, memberikan informasi akurat dan terpercaya yang bisa dijangkau semua kalangan masyarakat. Kami berharap, melalui lokernas.id tingkat pengangguran di Indonesia semakin berkurang,” tutup Hendro.