Brilio.net - Kamu mahasiswa yang suka traveling atau ingin berkarier di industri pariwisata? Ada peluang bagus nih.  PT Tourindo Guide Indonesia Tbk (Pigijo) menjalin kerjasama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI) menggelar program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka. Platform teknologi pariwisata ini terpilih sebagai salah satu mitra Kemdikbudristek RI bisa dijadikan tujuan bagi kamu untuk magang. 

Sebagai industri yang bergerak di bidang teknologi pariwisata, Pigijo menawarkan program Vanguard Desa Wisata, yaitu membangun Desa Wisata Kreatif Digital. Tersedia lowongan magang untuk 100 mahasiswa yang nantinya bakal terjun langsung mewujudkan digitalisasi desa wisata. Hal ini senada dengan salah satu cita-cita Pigijo untuk menjadi marketplace desa wisata terbesar di Indonesia.

Magang Desa Wisata © 2021 brilio.net

“Keikutsertaan Pigijo sebagai mitra Magang Kampus Merdeka adalah bentuk kolaborasi antara dunia industri dan dunia pendidikan dalam mempersiapkan kompetensi-kompetensi baru untuk memasuki dunia pariwisata baru,” ujar Adi Putera Widjaja, Direktur Utama Pigijo.

Beberapa kompetensi yang akan dikembangkan di antaranya, entrepeneurship, konten kreatif, merumuskan permasalahan wisata yang kompleks, termasuk bagaimana konsep dasar membangun desa wisata (homestay, daya tarik, budaya dan kesenian, kuliner, souvenir, destinasi, tour guide, eMarketing). Lalu ada juga kKemampuan mengimplementasikan talenta sesuai kebutuhan industri.

Magang Desa Wisata © 2021 brilio.net

Adapun lokasi tempat magang akan dilakukan di 11 desa wisata yang tersebar di beberapa provinsi. Yakni di Jawa Barat, meliputi Kabupaten Bogor dan Kuningan. Lalu Sumatera Barat, meliputi Kabupaten Agam dan Tanah Datar. Terakhir di Kabupaten Gianyar, Bali.

Magang Bersertifikat Kampus Merdeka merupakan program Kemdikbudristek yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Mahasiswa akan mendapat pengalaman di industri atau dunia profesi nyata selama 1-2 semester. Dengan demikian, mahasiswa akan mendapat soft skill maupun hard skill yang akan membuatnya lebih siap dan mantap untuk memasuki dunia kerja dan karier.

Magang Desa Wisata © 2021 brilio.net

Program Pigijo Magang Kampus Merdeka berlangsung selama 6 bulan, mulai 2 Agustus 2021 hingga 31 Januari 2022. Dengan rincian waktu 10 Juni-31 Juli mahasiswa mendaftar di Platform Kampus Merdeka. Lalu 16 Juni-31 Juli 2021, mitra melakukan proses rekrutmen. Setelah terpilih, mahasiswa langsung mengikuti program. 

Sejumlah benet sudah disiapkan Pigijo untuk para mahasiswa yang nantinya terpilih. Selain mendapat uang saku, mahasiswa magang juga akan memperoleh kesempatan berkarier di Pigijo. Tak cukup sampai di situ, Pigijo bahkan mempersiapkan pendanaan bisnis sampai dengan Rp 10 miliar. Kesempatan pendanaan ini bisa diberikan untuk mahasiswa magang yang memiliki ide bisnis kreatif dan inovatif untuk membangun Desa Wisata Kreatif Digital bersama Pigijo.

Magang Desa Wisata © 2021 brilio.net

Creative Director Pigijo, Faisal Rahim memaparkan, bahwa banyak sekali mahasiswa kreatif yang berbakat. Apalagi dengan tren media sosial yang terus berubah sangat cepat, tentu saja dibutuhkan beragam konten kreatif dan kemampuan digital marketing yang mumpuni. “Kami yakin para mahasiswa ini memiliki modal besar untuk itu. Pigijo siap untuk saling berbagi ilmu dan berkolaborasi dengan mereka,” ujarnya.