Brilio.net - Facebook merupakan salah satu platform media sosial ternama di dunia. Kepopulerannya telah berhasil menarik berbagai kalangan hingga ke pelosok sekali pun.

Setelah sekian lama menggunakan nama Facebook, kini kamu harus mulai membiasakan diri memanggil Facebook dengan nama lain. Karena kabarnya Facebook akan mengganti nama perusahaannya minggu depan ini.

Facebook dengan nama baru? Apakah akan tetap sukses dan bisa disesuaikan oleh banyak pengguna?

Berita ini pertama kali diekspos pada Selasa (19/10) lalu oleh The Verge. Facebook disebut berencana mengubah nama perusahaannya untuk mencerminkan fokusnya dalam membangun metaverse. Hal ini berdasar dari sumber yang mengetahui langsung masalah tersebut.

Menanggapi perihal ini, CEO Facebook Mark Zuckerberg berencana membicarakan hal terkait pada konferensi tahunan Connect pada 28 Oktober mendatang. Namun, hal ini bisa saja dibeberkan lebih awal dengan maksud untuk menandakan ambisi raksasa teknologi ini sebagai media sosial yang unggul.

Perubahan nama ini kemungkinan akan memposisikan aplikasi Facebook sebagai salah satu dari banyak produk di bawah perusahaan induk yang mengawasi grup seperti Instagram, WhatsApp, Oculus, dan banyak lagi.

Facebook siap mengubah citra perusahaan dengan nama baru pekan depan berbagai sumber

foto: Freepik/@natanaelginting

Untuk diketahui, Facebook sudah memiliki lebih dari 10.000 karyawan yang membangun perangkat keras konsumen, seperti kacamata AR yang diyakini Zuckerberg pada akhirnya akan ada di mana-mana seperti smartphone. Pada bulan Juli lalu, ia mengungkapkan kepada The Verge lewat sebuah wawancara bahwa selama beberapa tahun ke depan akan secara efektif bertransisi dari perusahaan media sosial menjadi perusahaan metaverse.

Dikutip brilio.net dari The Verge, Kamis (21/10), perubahan citra ini berfungsi untuk lebih memisahkan pekerjaan futuristik yang difokuskan Zuckerberg dari pengawasan ketat Facebook. Seorang mantan karyawan yang menjadi whistleblower, Frances Haugen, baru-baru ini telah membocorkan sejumlah dokumen internal dan rahasia perusahaan ke The Wall Street Journal dan membeberkannya di depan kongres.

Lantas nama apa yang akan menggantikan Facebook? Mengutip dari The Verge, nama tersebut masih dijaga dan dirahasiakan dengan ketat.

Namun jika berspekulasi, namanya mungkin berhubungan dengan Horizon. Kenapa? Karena ini adalah nama versi VR Facebook-meets-Roblox yang masih belum dirilis yang telah dikembangkan Facebook selama beberapa tahun terakhir. Nama aplikasi itu baru-baru ini diubah menjadi Horizon Worlds tak lama setelah Facebook mendemonstrasikan versi untuk kolaborasi tempat kerja yang disebut Horizon Workrooms.

Berbicara soal pergantian nama, rupanya bukan hanya Facebook saja yang mengganti nama. Terdapat banyak perusahaan besar yang mengganti namanya menjadi lebih baik dan familiar. Yang lebih menarik, semuanya sukses hingga kini. Google dan Apple merupakan beberapa nama dari banyak perusahaan yang sudah mengganti namanya.