Brilio.net - Selama ini mungkin karya para seniman Tanah Air sangat sulit menembus pasar internasional. Padahal, di era digital seperti sekarang, hal itu sangat mudah dilakukan. Terlebih saat ini mulai banyak bermunculan teknologi blockchain yang digunakan sebagai aset digital.

Bukan hanya bitcoin semata, Non Fungible Token (NFT) juga sudah mendapat banyak perhatian dari dunia internasional. Nah secara umum, NFT adalah bagian dari teknologi blockchain di mana semua aset digital dapat disertakan dengan data dan juga copyright.

Hal ini nantinya membuat pemilik gambar, foto, video serta karya visual lain dapat menyimpan data-data yang berkaitan dengan karya tersebut ke dalam ekosistem blockchain.

Neftipedia © 2021 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Seperti diketahui, Indonesia kaya akan keunikan budaya dan karya seni yang bisa menjadi peluang sebagai aset digital. Terlebih Bali juga mendapat tempat di mata internasional yang bisa diabadikan keindahannya. Para seniman bisa menjual karyanya melalui marketplace NFT salah satunya Neftipedia.com.

Marketplace ini memberikan peluang masa depan yang lebih baik untuk setiap seniman untuk mulai menjual dan memopulerkan produknya hingga ke seluruh belahan dunia. Jimmi Saputra, owner Neftipedia mengabarkan jika marketplace ini akan launching pada 25 Oktober mendatang.

“Dengan adanya NFT marketplace Neftipedia, akan memudahkan para kreator seni untuk menjangkau penikmat seni yang ada di berbagai belahan dunia, serta menambah nilai jual dari karya tersebut. Karena setelah proses minting di NFT marketplace maka setiap karya akan mendapat kode unik serta terdaftar di blockchain yang otomatis akan menambah daya jual karya seni itu sendiri,” papar Jimmi.

Neftipedia © 2021 brilio.net

Melansir dari situs resmi Neftipedia.com, dengan karakteristiknya yang unik, NFT tidak mungkin bisa ditiru. Adanya marketplace Neftipedia, hal ini dapat menjembatani kesenjangan antara ekonomi virtual dan fisik, kemudian menawarkan jangkauan penjualan atau market yang luas serta barang digital karya seniman dapat mempunyai nilai yang lebih tinggi.

Saat ini, pertumbuhan pasar NFT sebagian merupakan hasil dari peningkatan aktivitas online dampak dari pandemi. Selain itu juga mencerminkan aktivitas yang lebih luas dan cepat. Ini merupakan tren terhadap orang yang menghabiskan lebih banyak waktu secara virtual.

Neftipedia © 2021 brilio.net

“Kini NFT telah memiliki e-wallet sendiri yang didesain untuk para pengguna agar mereka tidak perlu memindahkan aset NFT yang mereka punya ke wallet lain. Platform Neftipedia juga memberikan fitur lelang sehingga para kreator atau seniman memperoleh harga yang lebih menguntungkan,” imbuhnya.

NFT bahkan telah merambah ke berbagai bidang seperti collectibles, hak kekayaan intelektual, sertifikat, instrumen keuangan, perpajakan, permainan dan masih banyak lagi. Sebagai marketplace yang menjembatani para seniman, Neftipedia bekerjasama dengan berbagai seniman lokal yang siap mengisi NFT di platform ini, serta berbagai publikasi, promosi influencer dan publikasi di media sosial lainnya.

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR