Brilio.net - Hingga saat ini, urusan sampah di Indonesia masih menjadi masalah. Selain plastik, limbah industri tekstil juga menjadi salah satu penyumbang terbesar sampah di Indonesia. Tapi di tangan kreatif, limbah tekstil berupa potongan-potongan kain yang dianggap tidak memenuhi standard kualitas ternyata bisa diolah kembali menjadi barang bermanfaat. 

Cara inilah yang dilakukan Indah Catur Agustin. Founder Sleep Buddy ini bisa menyulap limbah tekstil menjadi aneka perlengkapan tidur. Dengan memanfaatkan limbah kain yang tersisa dari proses produksi, Sleep Buddy yang hadir sejak tahun 2009, mendaur ulang potongan-potongan kain sisa produksi tersebut untuk dimanfaatkan kembali menjadi produk-produk dengan kualitas tinggi dan unik seperti, cushion, table runner dan throw blanket.    

Olah limbah kain © 2021 brilio.net

“Sleep Buddy tidak hanya berfokus pada produksi namun juga peduli dengan limbah yang dihasilkan. Berbahan dasar potongan-potongan kain dari sisa produksi untuk diolah kembali menjadi produk baru yang tetap berkualitas dan unik. Sleep Buddy ingin memberikan kesempatan bagi setiap helai kain untuk dapat memiliki umur yang lebih panjang,” papar Indah.

Lewat cara ini, Sleep Buddy ingin mengajak masyarakat melestarikan lingkungan terutama dari limbah kain sisa. Apa yang dilakukan Sleep Beauty menjadi sebuah terobosan terbaru agar bumi tidak diselimuti tumpukan limbah kain setiap hari.