Brilio.net - Kotagede merupakan kota tertua yang terletak di Yogyakarta. Wilayahnya berbatasan dengan Kecamatan Umbulharjo dan Kabupaten Bantul di sebelah utaranya. Banyaknya bangunan zaman Mataram Islam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Kotagede disebut juga dengan pusat kota penghasil kerajinan berupa logam khususnya perak, tembaga, serta kuningan. Dari leluhur masyarakat di Kotagede memang sudah sejak lama memiliki keterampilan untuk membuat kerajinan logam. Hampir sebagian besar masyarakat Kotagede mencari nafkah dari hasil kerajinan perak.

Perak ONYC IS Silver merupakan salah satu perintis di industri kerajinan perak yang hingga kini tetap hidup dari banyaknya industri kerajinan logam lainnya. Usaha turun temurun dari orang tua, Sri Eko Pranoto melanjutkan kembali untuk mengelola industri kerajinan perak tersebut yang sudah berdiri pada tahun 1986.

Sri Eko menceritakan usahanya ini berawal dari membuka usaha kecil-kecilan dengan untuk konsumen lokal. Seiring berkembang, kemudian merintis industri yang hingga kini tetap berjalan hingga konsumen dari manca negara.

Jatuh bangun perintis industri perak Kotagede Jogja agar tetap eksis © 2022 brilio.net

foto: magang/Annisa Dhea

"Kerajinan perak yang diproduksi sangat beragam. Mulai dari aksesori perhiasan gelang, kalung, cincin, anting, medali dan bentuk kerajinan lainnya, " beber Sri Eko Pranoto, pemilik industri Perak ONYC IS Silver diwawancarai brilio.net, kemarin.

Bahkan, usahanya juga bisa membuat kerajinan perak sesuai dengan keinginan konsumennya. Dan desain yang telah dibuatnya pun sudah banyak serta sangat menarik tentunya. "Untuk bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tersebut berupa kuningan, tembaga bahkan patri, " kata dia.

 

Reporter: magang/Annisa Dheaning Triprasiwi