Brilio.net - Rumah sehat dan nyaman menjadi impian semua orang. Tapi tidak semua orang bisa mewujudkan impian tersebut. Karena masih banyak rumah warga di sejumlah daerah di Indonesia yang sejatinya tidak laytak huni.

Kondisi inilah yang membuat PT Djarum Kembali melanjutkan program Rumah Sederhana Layak Huni (RSLH). Setelah menyelesaikan program RSLH dengan memperbaiki 20 rumah, yakni 10 rumah di Kabupaten Pemalang (Maret 2022) dan 10 rumah di Kabupaten Kudus (November 2022), program ini dilanjutkan dengan merenovasi lima rumah keluarga tidak mampu di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah baru-baru ini.

Deputi GM Corporate Communications PT Djarum Achmad Budiharto mengemukakan, keterlibatan pihgaknya dalam program ini merupakan dukungan terhadap pemerintah dalam menurunkan tingkat kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat miskin.

“Rumah sebagai kebutuhan primer seharusnya tidak hanya memiliki fisik bangunan yang kuat dan desain yang bagus. Rumah harus menjadi hunian yang berfungsi mendatangkan ketenteraman bagi siapapun yang tinggal di dalamnya. Suasana tenteram dan nyaman membuat kualitas hidup seseorang menjadi semakin baik. Pada akhirnya, para penghuninya akan terpacu melakukan hal-hal yang produktif dan membuahkan perbaikan ekonomi bagi keluarga tersebut,” tutur Budiharto di sela seremoni serah terima simbolis RSLH, Jumat (2/12).

Djarum Bedah Rumah © 2022 brilio.net

Dalam program kali ini, Djarum mengucurkan dana sebesar Rp 300 juta untuk membiayai renovasi lima rumah keluarga kurang mampu dengan masing-masing bantuan renovasi untuk setiap rumah menghabiskan kisaran Rp 60 juta.

Program ini memenuhi tiga hal dasar yakni Sehat, Aman, dan Layak. Dari sisi kesehatan, renovasi rumah melingkupi perbaikan terhadap sanitasi air kotor, pencahayaan serta memastikan udara tersirkulasi dengan baik. Sementara itu, rumah yang direnovasi juga dibangun dengan konstruksi yang kuat dan kokoh sehingga dapat menjadi tempat bernaung yang aman bagi seluruh keluarga.

“Kegiatan penanggulangan kemiskinan dari pihak-pihak swasta, seperti RSLH yang digagas PT Djarum ini sangat membantu pemerintah. Ini adalah langkah partisipatif yang membuat permasalahan kemiskinan masyarakat semakin cepat berkurang,” kata Staf Ahli Bupati Rembang, Akhir Budi Asmara.  

Djarum Bedah Rumah © 2022 brilio.net

RSLH merupakan program kolaboratif PT Djarum dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah. Selain bertujuan mengentaskan kemiskinan, RSLH juga menjadi komitmen bersama dalam upaya menaikkan taraf hidup masyarakat.

Para warga yang mendapatkan program ini pun sangat senang klarena rumah mereka direnovasi sehingga menjadi lebih apik dan layak tinggal. Warga desa Sarangmeduro yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan juga bergotong-royong dalam pembangunan lima rumah tersebut.