Brilio.net - Di tengah perkembangan teknologi saat ini, setiap orang dituntut untuk beradaptasi pada perkembangan yang ada. Termasuk perkembangan teknologi dan informasi saat ini. Tak heran jika anak-anak pun patut diajarkan tentang teknologi.

Salah satu bentuk memperkenalkan teknologi kepada anak-anak dengan menerapkan literasi digital di sekolah dasar. Literasi digital di sekolah dasar ini dapat membantu anak untuk memahami dan menjaga keamanan diri sendiri dari ancaman cyber.

Literasi digital di sekolah dasar adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital secara efektif dan bertanggung jawab. Hal ini mencakup keterampilan dasar seperti mengetik, menggunakan program pengolah kata, dan menjelajahi internet, serta pemahaman tentang konsep penting seperti privasi dan keamanan online.

Contoh literasi digital di sekolah dasar © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Program literasi digital di sekolah dasar juga harus mencakup keterampilan kreatif dan kolaboratif, seperti pembuatan konten digital dan berkolaborasi dengan orang lain secara online. Tujuan dari literasi digital di sekolah dasar adalah membantu siswa mempersiapkan diri untuk masa depan yang semakin tergantung pada teknologi, sambil juga membantu mereka menjadi pengguna teknologi yang bertanggung jawab dan efektif.

Lantas seperti apa contoh literasi digital yang bisa diterapkan di sekolah dasar? Berikut contoh literasi digital di sekolah dasar yang lengkap dengan manfaatnya bagi perkembangan anak, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (30/5).