Brilio.net - Tanggung jawab di sekolah mengacu pada kewajiban dan peran yang harus dijalankan oleh siswa, guru, dan staf sekolah dalam menjaga lingkungan pendidikan yang aman, produktif, dan positif. Tanggung jawab mengajarkan kepada siswa untuk bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri. 

Dengan melatih tanggung jawab siswa di sekolah berdampak baik bagi perkembangan masa depannya. Tanggung jawab yang umumnya diajarkan di sekolah dapat berupa bertanggung jawab untuk mengikuti aturan dan tata tertib sekolah, termasuk tata cara berpakaian, mengikuti jadwal pelajaran, dan menghormati guru dan teman-teman.

Selain itu, dengan bekal tanggung jawab siswa diharapkan aktif belajar dan berusaha mencapai potensi terbaiknya. Siswa diharapkan untuk mengikuti pelajaran, mengikuti arahan guru, mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh, dan mengembangkan keterampilan akademik yang diperlukan.

Lantas apa saja bentuk tanggung jawab siswa di sekolah? Berikut disajikan contoh tanggung jawab siswa di sekolah beserta fungsinya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (26/5).