Brilio.net - Maaf adalah ungkapan permintaan ampun atau penyesalan. Permintaan maaf sudah sepatutnya dilakukan ketika seseorang melakukan sebuah kesalahan. Kesalahan sekecil apapun itu, permintaan maaf harus tetap dilakukan. Apalagi kesalahan yang tergolong besar, permintaan maaf menjadi satu hal yang sangat wajib diucapkan.

Meminta maaf akan menumbuhkan empati orang lain. Jadi kesempatan untuk dimaafkan akan lebih mudah didapat bila orang yang bersalah berinisiatif meminta maaf terlebih dahulu.

Ada banyak cara dalam mengungkapkan rasa penyesalan atas kesalahan yang dilakukan, salah satunya bisa menggunakan kata-kata ampunan dan permohonan maaf. Meminta maaf memiliki tujuan untuk membersihkan hati serta mensucikan diri dari segala bentuk kesalahan, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Selain itu, mengungkapkan permintaan maaf harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar terdengar meyakinkan dan kemungkinan dimaafkan akan lebih besar. Namun hal tersebut bukan untuk dijadikan sebuah ajang sebagai sandiwara meminta maaf.

Meminta maaf boleh dilakukan dalam berbagai bahasa. Misal ingin meminta maaf dengan menggunakan bahasa Melayu, bahasa Sunda, bahasa Bali, atau bahasa Jawa sekalipun, tidak menjadi suatu masalah. Terpenting adalah niat dalam meminta maaf, apakah bersungguh-sungguh atau hanya sekadar main-main saja.

Maka dari itu brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber, tujuh contoh kalimat permintaan maaf bahasa Jawa yang mudah dipelajari.

 

Magang: Ricka Milla Suatin