Pengertian frasa nomina.

Contoh kata frasa nomina lengkap dengan pengertian dan jenisnya © 2023 brilio.net

foto: Pexels.com

Frasa nomina adalah gabungan dua atau lebih kata yang membentuk sebuah frasa yang berfungsi sebagai kata benda atau nomina. Frasa ini terdiri dari kata-kata yang berbeda dan dapat berupa kombinasi kata kerja dan kata benda, kata sifat dan kata benda, atau bahkan gabungan kata-kata benda lainnya.

Frasa nomina seringkali digunakan untuk menunjukkan suatu konsep atau ide yang lebih kompleks daripada hanya menggunakan satu kata benda saja. Contohnya "buah hati", "uang saku", "buku catatan", "jam tangan", dan lain sebagainya. Frasa nomina sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan dalam penulisan, baik itu dalam bahasa lisan maupun tulisan.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), frasa nomina didefinisikan sebagai gabungan kata yang memiliki arti benda (nomina) dan tidak dapat dipisahkan, tetapi tidak membentuk suatu klausa. Contohnya, "bunga matahari", "rumah sakit", "pakaian dalam", dan lain sebagainya. Frasa nomina dapat terdiri dari dua atau lebih kata yang membentuk sebuah frasa.

Pengertian yang tidak jauh berbeda juga dikemukakan oleh beberapa ahli seperti Edward Sapir, seorang ahli bahasa. Menurut Edward Sapir, frasa nomina adalah gabungan dua kata atau lebih yang membentuk sebuah frasa yang berfungsi sebagai kata benda atau nomina.

Sementara menurut Kridalaksana, seorang ahli linguistik, frasa nomina adalah gabungan dua kata atau lebih yang memiliki arti sebagai suatu kesatuan dan berfungsi sebagai sebuah kata benda atau nomina. Selanjutnya, menurut A Chaedar Alwasilah, seorang ahli bahasa, frasa nomina adalah gabungan dua kata atau lebih yang membentuk sebuah unit leksikal yang berfungsi sebagai kata benda atau nomina.

Dari ketiga pengertian tersebut, dapat disimpulkan frasa nomina adalah gabungan kata-kata yang membentuk sebuah frasa yang memiliki arti dan fungsi sebagai kata benda atau nomina.