Jenis-jenis frasa nomina.

Contoh kata frasa nomina lengkap dengan pengertian dan jenisnya © 2023 brilio.net

foto: Pexels.com

1. Frasa Nomina Biasa.

Frasa nomina biasa terdiri dari dua atau lebih kata yang membentuk frasa, seperti "sepatu kets", "rumah makan", atau "buah naga".

2. Frasa Majemuk.

Frasa majemuk terdiri dari dua atau lebih kata yang membentuk frasa dan memiliki arti yang lebih spesifik dan kompleks. Contoh frasa majemuk adalah "penghapus papan tulis", "kain kasa medis", atau "mesin jahit portable".

3. Frasa Endosentris.

Frasa endosentris adalah frasa nomina yang memiliki hubungan antara kata-kata di dalamnya. Contohnya adalah "buah jeruk", "buah pisang", atau "buah apel".

4. Frasa Eksosentris.

Frasa eksosentris adalah frasa nomina yang tidak memiliki hubungan antara kata-kata di dalamnya. Contohnya adalah "tangan besar", "rumah hijau", atau "buku tebal".

5. Frasa Tetap.

Frasa tetap adalah frasa nomina yang telah dibakukan dan memiliki makna yang telah disepakati oleh masyarakat. Contohnya adalah "perempuan malam", "berita acara", atau "cuci gudang".

6. Frasa Idiomatik.

Frasa idiomatik adalah frasa nomina yang memiliki makna yang tidak bisa ditebak dari makna kata-kata di dalamnya. Contohnya adalah "mata air", "jalan tikus", atau "gigi keropos".