Brilio.net - Memiliki rencana membangun rumah? Kamu dapat dengan mudah mewujudkannya sekarang sebelum dana berkurang karena kebutuhan lain. Tenang saja, kamu tetap dapat membangun rumah impian meskipun harga berbagai peralatannya kini sudah relatif lebih mahal.

Tentu saja hal tersebut dapat terwujud jika mengetahui tips dan triknya. Berikut ini beberapa tips yang trik yang bisa dilakukan untuk berhemat saat membangun rumah yang telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (7/10).

1. Pastikan jenis tipe rumah.

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan membangun rumah yakni jenis tipenya. Tentu, hal ini harus disesuaikan dengan luas dari tanah yang dimiliki. Semakin luas tanahnya, biaya yang akan dikeluarkan jelas semakin besar, dan sebaliknya.

Di sini, jika ingin berhemat, sesuaikan saja dengan dananya, sekalipun tanah yang dimiliki cukup luas. Sesuaikan juga dengan kebutuhan misalnya keluarga yang dimiliki apakah keluarga kecil, atau malah keluarga besar yang butuh kamar yang lebih banyak.

Jika belum memiliki tanah, dan berencana membangun rumah dengan membeli tanahnya terlebih dahulu, supaya lebih hemat, membeli tanah di tempat yang agak jauh dari pusat kota tentu akan lebih baik. Sebab semakin dekat dengan pusat kota, dipastikan harga tanahnya akan semakin mahal.

Hal selanjutnya yang bisa menghemat dana membangun rumah adalah denah rumah. Semakin sederhana denah yang dibuat, tentu akan semakin irit. Semakin rumit denah rumah, apalagi jika berencana membuat rumah dengan lantai bertingkat, dananya akan semakin besar. Lagi-lagi, yang harus dipertimbangkan adalah kebutuhan. Sesuaikan dengan dana yang telah dipersiapkan.

2. Lakukan survei harga bangunan.

Setelah memastikan jenis tipe rumah yang disesuaikan dengan kebutuhan dan juga dananya, yang harus dilakukan adalah mensurvei harga-harga bahan bangunan yang dibutuhkan. Tak perlu khawatir, langkah ini tidaklah susah sebab kini ada marketplace yang mengumpulkan toko bangunan secara online.

Tak hanya bermanfaat untuk mengetahui harga bahan-bahan bangun secara real dan akurat, tetapi juga bisa membandingkan harganya di satu toko dengan toko yang lain. Sehingga bisa dapat bahan-bahan bangunan dengan harga termurah. Pastinya, tokonya bisa dicari yang paling dekat dengan lokasi membangun rumah. Jadinya tak akan memberatkan di bagian ongkos kirim.

Ya, marketplace toko bangunan tersebut adalah UKUR. Di sana tersedia berbagai produk yang dibutuhkan dalam membangun rumah. Bahkan hingga ke produk interior rumah. Tak usah khawatir juga dengan kualitas masing-masing tokonya. Semua merchant di marketplace UKUR sudah terverifikasi sebelum bisa berjualan di sana.

Untuk jenis bahan bangunan tertentu, bahkan tak hanya bisa membelinya dan barang tersebut dikirim langsung ke alamat tujuan. Selain itu juga bisa menyewa mereka untuk memasangkannya.

Mereka sudah banyak yang ahli, jadinya tak perlu diragukan kemampuannya. Dari urusan dinding, plafon, lantai, kaca, AC, sanitary toilet, perlistrikan dan juga safety equipment, atau bahkan aneka furniture dan barang elektronik, di UKUR semuanya ada. Lengkap dengan tawaran harga yang bersaing.

3. Pilih bahan-bahan berkualitas.

Setelah mensurvei dan membandingkan harga bahan-bahan serta peralatan yang dibutuhkan untuk membuat rumah di UKUR, kamu juga bisa menentukan produk mana saja yang akan dibeli, lengkap dengan jumlah, total harga, dan juga nama tokonya. Dibuat saja daftarnya, supaya semuanya terkontrol.

Pastinya, tuliskan juga hingga merknya. Karena merk menggambarkan kualitasnya. Jika dana yang dimiliki lumayan besar, bisa membeli bahan-bahan yang kualitas bagus, kualitas premium. Namun jika dananya terbatas, bisa membeli bahan-bahan yang kualitasnya tetap bagus, namun harganya relatif lebih murah. Sekali pun tidak premium.

Sebelum menentukan merek yang akan dibeli, banyak bertanya kepada yang lebih ahli akan lebih baik. Jika sudah dapat referensinya, maka bisa langsung mencarinya di UKUR tadi.

4. Rumah minimalis bisa jadi pilihan tepat.

Menghemat dana membangun rumah bisa lumayan terpangkas jika memilih rumah jenis minimalis. Desainnya sederhana, begitu pula dengan perlengkapannya. Semuanya dipilih berdasarkan pada fungsinya.

Desainnya fungsional, dengan tidak adanya banyak ruangan, bahkan hingga ke perabot-perabotnya. Di dalam rumah berjenis minimalis, tak ada satupun bahan atau barang properti rumah yang tidak berguna. Sekalipun berfungsi sebagai hiasan, dia tetap ada fungsi yang nyatanya.

5. Memilih jasa tukang bangunan dengan tepat.

Setelah semuanya ditentukan, dari mulai bahan-bahan dan peralatan untuk mebangun rumah hingga ke desainnya, yang dibutuhkan kemudian adalah tukang-tukang yang akan membangun rumah tersebut. Nah di sini, supaya bisa lebih hemat, bisa memilih jasa tukang bangunan secara borongan.

Kenapa demikian, sebab dalam sistem kerja borongan, para pekerja akan dikontrol oleh mandornya. Mereka akan lebih giat dan fokus untuk bekerja dengan baik hingga rumah selesai. Beda halnya dengan pekerja harian yang biasanya mengulur-ulur waktu. Sebab semakin lama harinya, semakin besar bayaran mereka.

Tentunya, pastikan memilih jasa tukang bangunan yang berkualitas. Kamu bisa mencari tahu dari saudara, teman, atau yang lainnya yang sudah terlebih dahulu menggunakan jasa mereka.

6. Memilih furniture serta dekorasi yang tepat.

Setelah rumah beres, atau semua kebutuhan dalam membangun rumah tercatat dan teranggarkan dengan baik, bahkan hingga ke pembayaran para tukangnya, yang jadi langkah selanjutnya adalah membeli perabot rumah. Supaya bisa hemat, memilih rumah minimalis bisa jadi pilihan. Intinya, di rumah minimalis, semua perabotnya memiliki fungsi yang jelas dan tidak aneh-aneh. Dalam hal ini, kamu juga bisa membelinya di marketplace UKUR.

Itu dia beberapa tips dan trik hemat membangun rumah. Pastikan disiplin di dalam melakukannya, dan tidak tergoda dengan yang lain-lain. Supaya dana yang dimiliki bisa memenuhi semuanya. Sehingga keinginan memiliki rumah impian pun bisa terwujud. Semoga bermanfaat!

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR