Brilio.net - Semakin berkembangnya teknologi, mencari pekerjaan bisa dilakukan lebih mudah hanya dari situs lowongan kerja. Tidak perlu pergi keluar rumah, kamu cukup gunakan perangkat yang tersambung Internet. Dengan cara ini, mencari kerja jadi lebih efektif dan mudah.

Bagi kamu sedang mencari, ada beberapa tips yang wajib diperhatikan agar cepat mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan passion. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Minggu (19/1).

1. Melatih soft skill.

Jakartakerja © shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Sembari menunggu panggilan kerja, kamu bisa melatih soft skill yang sesuai dengan pekerjaan impianmu. Perlu diketahui di dunia kerja, soft skill sangat penting dimiliki dibandingkan hard skill.

Kini, ada banyak platform pelatihan soft skill online bahkan beberapa tersedia gratis. Lewat pelatihan ini pula, kamu juga bisa membuat portofolio yang sangat berguna saat melamar pekerjaan. Selain itu juga bisa membekali diri dengan soft skill yang banyak dicari untuk pekerjaan masa kini. Misalnya seperti desain grafis, menulis, edit video, dan lainnya.

2. Membuat CV dan portofolio yang menarik.

Jakartakerja © shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Sudah banyak perusahaan yang tidak terlalu melihat ijazah pelamar, melainkan berpatokan pada CV dan portofolio yang dikirim pelamar. Kamu dapat membuat CV selengkap mungkin, mulai dari kemampuan yang dimiliki, prestasi, pencapaian, dan pengalaman.

Untuk beberapa iklan lowongan kerja Jakarta, mencantumkan portofolio adalah kewajiban. Misalnya, untuk pekerjaan yang berkaitan dengan desain grafis.

3. Menjaga reputasi media sosial pribadi.

Jakartakerja © shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Banyak HRD yang melakukan cross check media sosial pelamar sebelum melakukan panggilan interview. Maka dari itu, sebaiknya kamu menjaga reputasi media sosial dengan menulis kata-kata yang baik dan jangan pernah menjelekkan orang lain. Hal tersebut bisa mendapatkan penilaian negatif dari HRD tempatmu melamar pekerjaan.

Menjaga reputasi di media sosial pribadi juga dapat memberikan keuntungan. Tak jarang beberapa orang dihubungi atau direkomendasikan untuk sebuah pekerjaan. Jadi, pastikan kamu berkelakuan baik di media sosial, ya!

4. Melamar pekerjaan sesuai kemampuan.

Jakartakerja © shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Tips berikutnya yakni, pastikan kamu melamar pekerjaan sesuai dengan kemampuan. Selain membuat betah ketika bekerja nantinya, banyak perusahaan yang memang hanya mencari orang-orang yang sesuai dengan bidang dan kemampuannya.

5. Cari kerja di platform terpercaya.

Jakartakerja © shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Saat ini, ada banyak platform lowongan kerja yang, salah satunya JakartaKerja.com. Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan di daerah Jakarta dan sekitarnya, bisa mengunjungi JakartaKerja.com.

Ada banyak pekerjaan di berbagai sektor yang bisa kamu temukan sesuai dengan minat. Selain itu, kamu juga dapat melihat informasi terkait deskripsi pekerjaan dan keahlian yang dibutuhkan.

JakartaKerja.com tidak hanya hadir untuk lokasi Jakarta saja. Kamu juga bisa mengatur lokasi perusahaan yang diharapkan di kolom pilihan lokasi. Misalnya ketika mencari lowongan kerja Bogor bisa mengatur lokasi di Bogor.

Kamu juga dapat manfaatkan platform JakartaKerja.com untuk mendapatkan pekerjaan sesuai kemampuan dari berbagai bidang dan sektor. Buka JakartaKerja.com sekarang juga dan dapatkan pekerjaan impianmu!