Brilio.net - Apakah kamu sering bertanya, seperti apa bahasa Jepang yang baik dan benar itu? Bagaimana cara agar dapat berbicara menggunakan bahasa Jepang? Dan apa sih maksud dari percakapan bahasa Jepang dalam anime itu, ketika kamu tidak membaca subtitlenya?

Bahasa Jepang merupakan bahasa resmi di Jepang dengan jumlah penutur 125 juta jiwa di seluruh dunia. Bahasa Jepang pun digunakan pada sejumlah negara yang pernah menjadi jajahannya, seperti Korea Selatan dan China. Bahasa ini juga dituturkan di Amerika Serikat dan Brasil dikarenakan imigrasi yang dilakukan oleh Jepang di sana cukup banyak. 

Perlu diketahui bahwa bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa tersulit di dunia. Jika di Indonesia hanya memiliki abjad A,B,C hingga Z yang jika dihitung hanya ada 26 huruf, maka bahasa Jepang atau 'Nihon' memiliki tiga aksara yang dikenal yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Aksara tersebut sudah diurutkan, dari yang paling mudah hingga tersulit. 

Hiragana digunakan untuk mewakili kata-kata asli Jepang. Katakana digunakan untuk saduran kata-kata Cina, sehingga pembaca langsung paham tentang kata-kata asing yang digunakan. Terakhir yaitu kani, kanji adalah alfabet utama dalam bahasa Jepang dengan setiap katanya mengandung konsep atau kata yang berbeda. Oleh karena itu, karakter kanji memiliki banyak makna.  

Bagi kamu yang berminat untuk belajar salah satu bahasa tersulit di dunia ini, berikut brilio.net rangkumkan dari berbagai sumber pada Rabu (26/10) 49 contoh bahasa Jepang disertai artinya dalam berbagai momen. 

Contoh bahasa Jepang disertai artinya untuk bertegur sapa.

1. Ogenki desuka? (Apa kabar?)

2. Genki desu (Baik sekali).

3. 5-nen buri ni desune (Ini perjumpaan kita yang pertama setelah lima tahun tidak bertemu). 

4. Mata ome kakarete ureshii desu (Saya sangat senang sekali bisa bertemu dengan kamu lagi.) 

5. Hajimemashite, watashi wa Andre desu (Halo, nama saya Andre.)

6. Douzo yoroshiku (Senang berkenalan dengan kamu). 

7. Kore wa watashi no meishidesu. Dare ga shitte iru anata wa sore o hitsuyo to shimasu (Oh iya, ini kartu nama saya. Siapa tahu kamu memerlukannya.)

8. Arigatogozaimasu (Terima kasih.)

9. Shitsurei desuka (Maaf.)

10. Watashiwa daijobudeshita (Saya baik-baik saja.)