Brilio.net - Saat seseorang berhasil mencapai sesuatu, biasanya akan memujinya agar merasa dihargai atau untuk mengapresiasi hasil kerjanya. Bentuk apresiasi tersebut berupa kalimat pujian. Kebanyakan orang senang jika mendapatkan kalimat pujian entah itu dari keluarga, teman, bahkan pasangan. Sebab, tidak semua orang akan memperhatikan usaha yang telah dilakukan, baik usaha dalam hal penampilan, memperbaiki bentuk tubuh, atau memperoleh prestasi di sekolah maupun pekerjaan.

Kalimat pujian merupakan kalimat yang di dalamnya terdapat ungkapan memuji orang lain atas kelebihan yang dimilikinya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pujian artinya pernyataan memuji. Pujian ialah ucapan yang menyenangkan hati orang yang mendengarnya. Kalimat pujian biasanya menggunakan kalimat positif, memuat fakta dan alasan, serta memotivasi orang yang dipujinya.

Ciri-ciri Kalimat Pujian

Mengutip buku "Ayo Belajar Bahasa Indonesia" oleh Muh. Darisman, kalimat pujian memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

- Biasanya berupa kalimat positif.

- Kalimat pujian disampaikan dengan jujur dan tulus.

- Terdapat saran dan alasan atas pujian tersebut.

- Sesuai fakta.

- Membuat orang yang dipuji merasa bangga dan termotivasi.

Kalimat pujian memiliki banyak manfaat, diantaranya meningkatkan rasa percaya diri, membuat seseorang lebih bersemangat, menurunkan risiko depresi, serta dapat mempererat hubungan dengan seseorang. Selain itu, kalimat pujian juga dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Apalagi, jika kalimat pujian tersebut diberikan ketika seseorang sedang berproses, sehingga dapat meningkatkan motivasi untuk melakukan sesuatu lebih baik lagi.

Berikut ini contoh kalimat pujian pendek bikin hati senang terkhusus untuk orang tersayang yang dapat diungkapkan melalui ulasan berikut ini. Semua telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (18/10).