Brilio.net - Ketika berbicara dalam kegiatan sehari-hari, tentunya akan menggunakan kalimat kebiasaan atau habits yang biasanya selalu diucapkan. Biasanya kalimat ini selalu diucapkan berkali-kali.

Kalimat tersebut adalah kalimat simple present tense. Simple present tense adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan aktivitas kebiasaan sehari-hari atau habitual action. Salah satunya adalah kalimat tersebut menggunakan kata kerja bentuk dasar (verb 1).

Simple present tense terbagi menjadi dua pola kalimat, yaitu verbal simple present dan nominal simple present tense. Untuk verbal simple present tense menggunakan kata kerja yang menunjukkan sebuah aksi atau tindakan, sedangkan nominal simple present menggunakan kata kerja be atau biasa disebut dengan to be.

Setiap kalimat dalam Bahasa Inggris, tentunya memiliki ciri-ciri. Begitu juga dengan simple present tense. Ciri-cirinya antara lain :

1. Predikat dalam kalimat simple present tense berbentuk Bare Infinitive. Adapun maksud dari bentuk tersebut adalah kata kerja dari orang ketiga dalam kalimat ini memiliki akhiran huruf s, es, atau ies.
2. Jika dalam bentuk kalimat verbal ada kalimat tanya, maka harus ditambahkan kata do/does, kemudian ditambahkan subject. Sementara itu, pada kalimat nonverbal diawali dengan to be (am, are, is).
3. Dalam kalimat simple present tense dengan bentuk negatif, perlu ditambahkan kata do not (don’t) atau does not (doesn’t). Jika ada kata kerja yang berakhir huruf s/es/ies, maka harus dihilangkan.

Penulisan simple present tense dalam bentuk kalimat memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

1. Express Emotions/Feellings.

Untuk mengungkapkan ekspresi ataupun perasaan. Oleh sebab itu, ketika ingin mengungkapkan ekspresi dan perasaan melalui kalimat, maka bisa menggunakan kalimat simple present tense.

2. Command/Instruction.

Untuk menyatakan perintah atau sebuah instruksi, sehingga kerap kali melihat instruksi dengan menggunakan kalimat simple present tense.

3. The Scheduled Event.

Untuk menyatakan suatu acara yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

4. General Truth.

Untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang ada di sekitar.

5. Repeated Actions.

Untuk memperlihatkan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari hari.

Simple present tense merupakan bagian dari grammar. Saat mempelajarinya, tentunya akan menemukan istilah-istilah first person singular/plural, second person singular/plural, dan third person singular/plural.

Untuk mengetahui lebih lanjut lagi, berikut ulasan mengenai contoh soal simple present tense berbentuk essay, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (6/10).

 

Magang: Annisa Dhea