Brilio.net - Ketika duduk di bangku sekolah tentunya akan banyak mendapatkan mata pelajaran yang diberikan oleh para guru. Salah satunya adalah mata pelajaran Matematika.

Matematika adalah pelajaran yang selalu ada di setiap kurikulum. Di sisi lain, banyak orang merasa kesulitan untuk belajar Matematika. Mindset bahwa Matematika momok sudah menyebar ke mana-mana. Banyak yang merasa bahwa Matematika merupakan sebuah pelajaran yang relatif sulit dari mata pelajaran yang lainnya. Namun, apabila selalu memahami prinsip-prinsipnya, maka akan bisa belajar Matematika dengan baik dan mudah.

Adapun dari kelas 1 Sekolah Dasar (SD), sudah diajarkan materi bentuk Matematika dasar yang meliputi belajar memahami angka-angka terlebih dahulu. Kemudian belajar memahami penjumlahan, pengurangan, serta pembagian. Selain itu, juga belajar terkait bilangan yang tersusun dari sebuah angka atau beberapa angka. 

Dari masing-masing angka memiliki nilai tempat dalam suatu bilangan. Ada nilai tempat satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya. Kali ini akan membahas nilai tempat satuan dan puluhan terlebih dahulu.

Bilangan satuan adalah bilangan yang tersusun dari satu angka antara 0 - 9. Contohnya: 4, 6, 9.

Bilangan puluhan adalah bilangan yang tersusun dari dua angka antara 10 -99. Contohnya: 16. -> angka 6 adalah satuan. Sedangkan angka 1 adalah bilangan puluhan.

Jadi nilai tempat 16 dapat ditulis dengan 16 = 1 bilangan puluhan + 6 bilangan satuan.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut ulasannya mengenai contoh soal angka puluhan satuan kelas 1 SD yang sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin.

Kumpulan contoh soal...