Brilio.net - Ketika seseorang tidak mengetahui suatu hal, ia pasti akan bertanya kepada orang yang mengetahui hal tersebut. Ketika bertanya, seseorang akan melontarkan kalimat dengan kata tanya didalamnya.

Kata tanya adalah kata yang digunakan untuk membentuk kalimat tanya. Sehubungan dengan kata-kata tanya yang digunakan dalam kalimat tanya, bahwa kalimat tanya dibentuk untuk memancing respon, berupa jawaban.

Kata tanya bisa ditemui dalam bentuk lisan dan tulis. Kata tanya dalam bentuk lisan dapat dijumpai pada percakapan sehari-hari. Kalimat tanya dalam bentuk lisan ini ditandai dengan intonasi naik di akhir kalimat. Sementara, dalam bahasa tulis kalimat tanya ditandai dengan tanda tanya (?) di akhir kalimat. 

Kalimat tanya bertujuan untuk mengungkapkan pertanyaan terhadap suatu hal. Bisa menanyakan seseorang atau benda, perbuatan, situasi dan lain sebagainya. Agar lebih mengetahui seputar kata tanya, yuk simak 35 contoh kata tanya, lengkap dengan jenis dan penerapannya dalam sebuah kalimat, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (30/1).