Brilio.net - Dalam sebuah kalimat terdiri dari rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna lengkap. Dari rangkaian kata tersebut bisa terdapat beberapa jenis kata. Salah satunya yakni kata seru. Kata seru menjadi salah satu kata yang sering diucapkan untuk mengekspresikan apa yang seseorang rasakan.

Kata seru merupakan kata yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan batin, misalnya karena kaget, terharu, kagum, marah, atau sedih. Hal tersebut tidak terlepas dari fungsi kata seru yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan batin seperti marah, kaget, kecewa, sedih, senang, dan sebagainya.

Untuk mengetahui kata-kata seru tersebut, kamu perlu memahami beberapa ciri-cirinya yakni sebagai berikut:

1. Memiliki intonasi yang mencerminkan perasaan.

2. Biasanya memakai tanda seru (!).

3. Bertujuan mengungkapkan ekspresi, kekaguman, kebahagiaan, kebingungan, kekecewaan, kemarahan dan kesedihan.

4. Di Beberapa kesempatan memakai kata jangan atau tolong pada kalimat.

5. Menggunakan partikel -lah dan -kan dalam kalimatnya.

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-cirinya, yuk simak 35 contoh kata seru, lengkap dengan jenis dan penerapannya yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (28/1)

- Jenis-jenis kata seru.

Contoh kata seru © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Kata seru terbagi menjadi beberapa jenis tergantung fungsi atau tujuan untuk mencerminkan sebuah perasaan yang akan diungkapkan oleh seseorang. Berikut jenis-jenis kata seru dan penerapannya.

1. Kata seru minta perhatian.

Kata seru minta perhatian bisa berupa ahoi, ayo, eh, hai, halo, he, sst, wahai. Sementara contoh kalimatnya adalah “Eh, tunggu sebentar!” Seru Niki sembari menuju kamarnya. Sari bingung, tapi aku tidak bingung karena aku sudah tau Niki.

Dalam kalimat tersebut terdapat kata seru “eh!” yang menunjukkan bahwa Niki memanggil Sari dan Lisa untuk menunggunya sebentar karena ingin pergi ke kamar sebentar.

2. Kata seru keheranan atau kekaguman.

Kata seru keheranan atau kekaguman dapat berupa kata aduhai, ai, amboi, astaga, asyoi, hm, wah, yahud. Contoh dialognya adalah “Oh...! jadi Ratna belum pernah lihat gula merah!”.

Dalam kalimat tersebut terdapat kata seru “Oh...!” yang menunjukkan bahwa mama Nanda merasa heran karena mendengar bahwa Ratna belum pernah melihat gula merah.

3. Kata seru kesakitan.

Kata seru kesakitan yakni kata yang dapat menggambarkan kesakitan itu sendiri misalnya Aduh. Contoh yaitu “Aduh, sebentar!” kata Marita ketika menaruh gelas di meja sambil menuju kamar mandi.

Pada kalimat tersebut terdapat kata seru “Aduh!” menunjukkan bahwa Marita merasa sakit di bagian perutnya setelah meminum jus asam dan Marita pun langsung menuju kamar mandi.

4. Kata seru kekagetan.

Pengertian kata seru kekagetan adalah kata-kata yang menunjukkan perasaan kaget seperti lho, masyallah, astagfirullah. Contohnya adalah “Ih...! itu kan pohon asam yang angker, kamu kan orangnya penakut!”

Pada kalimat tersebut terdapat bentuk kata seru „ih...!” menunjukkan tokoh Wenny yang kaget karena Lisa yang biasanya penakut pada saat itu ingin memetik buah asam dari pohon asam yang terkenal angker.