Brilio.net - Kalimat tanggapan sering dilontarkan pada forum diskusi sebagai respons dari materi yang sedang dibahas. Kalimat tanggapan ini dapat diartikan dengan tanggapan kritik, saran ataupun masukan.

Menurut KBBI, kalimat tanggapan berasal dari kata dasar "tanggap" yang berarti sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar dan sebagainya). Ada juga yang mengartikan tanggapan adalah kalimat yang berisi tanggapan berupa dukungan atau penolakan atas suatu peristiwa yang dirasakan oleh indera. Dan dukungan atau penolakan harus disertai dengan alasan serta fakta yang jelas. Berikut contoh kalimat tanggapan, lengkap serta penjelasannya, di rangkum brilio.net Selasa (14/10).

Jenis kalimat tanggapan

Terdapat dua jenis kalimat tanggapan yaitu kalimat tanggapan positif dan kalimat tanggapan negatif. Berikut penjelasannya:

- Kalimat tanggapan positif

Pada kalimat tanggapan ini umumnya digunakan untuk menyatakan persetujuan atas respon dari pernyataan atau peristiwa atas topik yang dibahas. Perlu diketahui kalimat tanggapan tidak boleh ditulis melebar atau menjauh dari sasaran dan menyimpang dari topik pembicaran (Out of Topic/OOT). Ada baiknya kalimat ditulis dengan singkat, lugas dan padat karena kalimat tanggapan yang disusun akan mengarah ke kesimpulan dari topik yang dibahas.

- Kalimat tanggapan negatif

Kalimat tanggapan ini disebut negatif karena berisi penolakan atas pernyataan yang dibahas. Walaupun penolakan kalimat ini dapat disampaikan secara sopan dan sesuai konteks. Selain itu, sebisa mungkin disampaikan dengan jelas atau tidak ambigu agar mudah dimengerti dan tidak salah komunikasi. Jika tidak, maka kalimat tanggapan akan dinilai tidak berisi dan berpotensi menjadi sumber konflik.

Cara membuat kalimat tanggapan

Tidak disampaikan dengan asal-asalan, berikut cara menyampaikan kalimat tanggapan:

- Beri pujian terlebih dahulu, kemudian berikan tanggapan dengan santun

- Mengatakan kata"maaf" pada bagian pembuka sebagai bentuk tata krama.

- Memberi opsi lain terkait penyelesaian suatu topik.

Contoh kalimat tanggapan...

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR