Brilio.net - Di dalam kehidupan sehari-hari, seseorang tidak akan terlepas dari keadaan yang mengharuskan diri untuk memilih menerima atau menolak permintaan dari orang lain. Karena sebagai manusia harus memiliki sikap baik terhadap seseorang. Misalnya dalam menolak berupa ajakan, pemberian, ataupun menyanggah pendapat dari seorang teman. Pengucapan kalimat penolakan pun harus dilakukan dengan baik serta benar agar teman yang sudah memberi ajakan tidak salah paham menerima alasan menolak.

Kalimat penolakan adalah kalimat yang isinya menolak ajakan atau permintaan sesuatu. Selain itu, bisa dikatakan kalimat penolakan berarti tidak menerima, tidak mengabulkan permintaan, atau tidak setuju dengan pendapat yang disampaikan orang lain.

Ciri-ciri Kalimat Penolakan.

Adapun ciri-ciri kalimat penolakan khususnya untuk teman yang penting dipahami agar penyampaian penolakan tersebut dapat didengar dengan baik dan benar.

1. Penggunaan kalimat yaitu dengan kalimat yang mengarah untuk menolak, tidak terima, atau juga tidak setuju terhadap sesuatu.

2. Mengandung kata-kata yang memiliki arti penolakan. Contohnya, "tidak mau", "tidak setuju", "tidak bisa".

3. Penyampaian kalimat penolakan perlu untuk dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Hal ini baik secara bahasa yang digunakan maupun juga penyampaian kepada orang lain. Agar hal ini dapat tercapai, maka kalimat menggunakan kata "maaf", "mohon izin", dan "terima kasih".

 

Magang: Annisa Dhea