Brilio.net - Mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi salah satu materi yang diajarkan di bangku sekolah. Berbagai topik yang disampaikan, salah satunya adalah jenis-jenis kalimat yang harus dipahami oleh para siswa. Termasuk kalimat deklaratif.

Kalimat deklaratif adalah kalimat yang bertujuan untuk memberikan informasi sehingga sering disebut dengan kalimat pernyataan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, deklaratif sendiri adalah pernyataan ringkas dan jelas. Pengertian kalimat deklaratif adalah kalimat yang isinya menyampaikan sebuah informasi atau memberikan suatu penjelasan tentang terjadinya suatu peristiwa.

Dalam sumber lain, kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi tentang fakta, pernyataan, atau pendapat. Melalui definisi tersebut, maka pengertian kalimat deklaratif cocok disebut sebagai kalimat berita. Banyak sumber juga menyebut jenis kalimat ini sebagai kalimat berita di mana isinya memang menyampaikan suatu informasi atau berita.

Ciri-ciri kalimat deklaratif.

Kalimat deklaratif juga dikenal sebagai kalimat berita. Dalam buku M. Ramlan yang berjudul Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis, ciri kalimat deklaratif, di antaranya memiliki intonasi berita, tidak memiliki kata tanya (apa, siapa, kenapa dan di mana).