Brilio.net - Bahasa Indonesia memang mempunyai beraneka ragam jenis kalimat. Kalimat-kalimat tersebut mempunyai berbagai fungsi serta kegunaannya masing-masing. Dengan mengetahui serta mempelajari jenis-jenis kalimat bahasa Indonesia dapat menambah ilmu serta mempermudah seseorang untuk melakukan komunikasi dengan orang lain.

Salah satu kalimat bahasa Indonesia yang perlu dipahami dan dipelajari adalah kalimat adverbia. Mungkin sebagian orang masih asing dengan kata adverbia serta untuk apa adverbia perlu dipahami dan dipelajari.

Supaya tidak bingung, alangkah baiknya untuk mempelajari adverbia dari awal, mulai dari pengertian sampai contoh kalimat adverbia. Berikut adalah penjelasan tentang kalimat adverbia yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (28/11).

35 Contoh kalimat adverbia beserta penjelasan bentuk dan jenisnya berbagai sumber

foto: pexels.com

Pengertian kalimat adverbia.

Dalam bahasa Indonesia, kalimat adverbia dapat diartikan sebagai kalimat keterangan. Dikutip dari buku Berpikir Cerdas dengan Bahasa Indonesia karya Rahma Barokah (2021:176), adverbia merupakan jenis kata pemberi keterangan pada kata verba, adjektiva, nomina predikatif, ataupun kalimat tertentu. Sebagai kata keterangan, adverbia membutuhkan kata lainnya agar bisa menjadi sebuah kalimat yang utuh.

Secara umum dapat adverbia digunakan sebagai pewatas yaitu suatu kata yang digunakan untuk menerangkan atau menjelaskan kata yang diikutinya. Dalam jenis-jenis kata, terdapat beberapa jenis kata keterangan seperti kata kerja (verba), kata sifat (adjektiva) maupun kata bilangan, serta mampu dalam memberikan keterangan (penjelasan) terhadap semua kalimat.

Bentuk kata adverbia.

Adverbia mempunyai dua jenis bentuk kata yang digunakan dalam penulisan suatu kalimat. Berikut ini adalah bentuk dari kata adverbia.

1. Adverbia bentuk tunggal.

Dikutip dari buku Morfologi: Bentuk, Makna, dan Fungsi (2009) karya Zaenal Arifin, adverbia bentuk tunggal merupakan bentuk adverbia yang meliputi kata dasar, kata ulang, dan juga kata berafiks. Jadi, jenis adverbia yang satu ini hanya memiliki satu kata saja.

2. Adverbia bentuk gabungan.

Adverbia bentuk gabungan merupakan jenis kata dasar yang bisa saling berdampingan, tetapi terdapat juga kata yang tidak bisa berdampingan. Jenis adverbia ini dapat dikatakan berdampingan apabila kata tersebut tidak memiliki suatu perantara. Sedangkan disebut tidak berdampingan jika kata adverbia dipisahkan oleh unsur lain.

 

 

Magang: Agung Pradana Putra