Brilio.net - Dalam menulis suatu kalimat bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis tense yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Salah satu tense yang sering kali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah Imperative sentence.

Impertive sentence secara singkat dapat diartikan sebagai kalimat perintah dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, masih terdapat fungsi lain dari imperative sentence. Supaya dapat memahami dengan jelas, berikut ini adalah penjelasan tentang imperative sentence yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (7/12)

kalimat imperative bahasa inggris © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Definisi imperative sentence

Imperative sentence merupakan suatu bentuk kalimat perintah dalam bahasa Inggris yang berfungsi untuk melontarkan permintaan (request), direction (petunjuk), advice (nasihat), perintah (command) dan instruksi (instruction). Secara tertulis, imperative sentence memiliki ciri umum yakni terdapat tanda baca berupa exclamation mark (!) di akhir kalimat atau biasanya juga biasaya mengandung kata ‘please’.

Namun, imperative sentence bisa jadi tidak memiliki kedua ciri tersebut. Imperative sentence dengan tanda seru dapat diidentikkan dengan exclamatory sentence atau kalimat seruan dalam bahasa Inggris. Untuk membedakannya, yaitu dengan cara mengidentifikasi sebuah kalimat dari isinya, bukan hanya tanda baca yang menyertainya.

Ciri-ciri imperative sentence

Imperative sentence mempunyai beberapa ciri khusus, hal tersebut berguna untuk membedakannya dengan kalimat-kalimat jenis lainya. Berikut ini adalah cir-ciri imperative sentence.

1. Imperative sentence memiliki arti yang meminta seseorang untuk melakukan sesuatu.

2. Imperative sentence menggunakan kata kerja bentuk pertama atau verb-1.

3. Imperative sentence tidak memakai subjek you karena subjek yang dituju sudah akan mengerti bahwa kalimat tersebut ditujukan kepadanya.

4. Jika terdapat kalimat imperatif yang menggunakan tanda seru (!), hal itu menandakan kalimat tersebut memiliki emosi yang kuat.

Bentuk imperative sentence

Imperative sentence mempunyai beberapa macam bentuknya, hal itu dapat dilihat atau dibedakan melalui fungsi dan cara penggunaannya

1. Request (Permintaan)

Request merupakan sebuah kalimat permohonan atau permintaan, dapat juga berbentuk kalimat perintah namun bahasanya lebih halus dan tidak menggunakan exclamation (!). Dapat diartikan kalimat ini lebih sopan.

2. Direction (Petunjuk)

Direction adalah petunjuk untuk melakukan suatu hal dengan melalui tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang runtut. Contohnya dapat dilihat pada Procedure Text, Manual, atau ketika seseorang menunjukan jalan ke tempat tertentu

3. Command (Perintah)

Command merupakan kalimat yang tegas dan biasanya diakhiri dengan exclamation (!) atau tanda seru karena sifatnya yang memerintahkan seseorang. Kalimat command juga dapat berupa larangan dengan menambahkan don't (jangan) di depan kalimat.

4. Instruksi (Instruction)

Kalimat ini Imperative jenis ini dapat ditemukan atau ditemui di berbagai tempat seperti dalam teks prosedur atau panduan yang berisikan petunjuk untuk melakukan sesuatu. Text jenis ini di dalamnya juga mengandung unsur memerintah atau memberi perintah dalam bahasa inggris yang ditujukan kepada orang lain.

5. Advice (Nasihat)

Pada kalimat imperative jenis ini, biasanya sering digunakan dalam situasi formal yang mana subjek yang biasa memberikan advice adalah orang yang berpengalaman pada bidangnya. Misalnya saja doctor (dokter), teacher (guru), counselor (konselor), attorney (pengacara), dll.

kalimat imperative bahasa inggris © 2022 brilio.net

foto: pexels.com