Brilio.net - Kalimat definisi dapat disebut sebagai rangkaian kalimat yang memberikan penjelasan tentang arti suatu istilah dan batasannya. Definisi umumnya menggunakan kata "adalah" atau merupakan".

Kalimat definisi adalah kalimat berupa penjelasan terhadap suatu objek atau benda. Kalimat definisi ditandai dengan kata penghubung penjelas berupa adalah, ialah, bahwa, yakni, dan sebagainya.

Sedangkan definisi sendiri ialah kata yang mengungkapkan atau memberikan suatu keterangan, makna, dan ciri dari sebuah objek benda, orang, aktivitas, maupun sebuah proses. Kalimat definisi digunakan dengan tujuan untuk membantu pembaca mengetahui atau memahami istilah yang muncul.

Setelah memahami pengertian kalimat definisi, maka simak juga contoh kalimat definisi,ciri-ciri serta jenisnya yang sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (6/10).

Ciri-ciri kalimat definisi

Kalimat berupa penjelasan dari sebuah objek. Penjelasannya bersifat umum dan tidak mengarah pada ciri khusus sebuah objek. Makna dan kalimat tidak akan berubah meskipun susunannya dibolak-balik. Biasanya ditemukan pada laporan yang bersifat ilmiah menggunakan verba definitif atau kata penghubung definitif seperti adalah, yaitu, dan merupakan.