Brilio.net - Dalam dunia usaha dan bisnis, sudah umum dikenal mengenai surat penawaran. Surat ini kemudian berperan untuk menawarkan barang atau jasa kepada calon konsumen.

Tujuan dari menawarkan barang atau jasa ini adalah agar terdapat kerjasama yang terjalin melalui perantara surat penawaran tersebut. Sehingga tak jarang, orang-orang mulai mencari dan mempelajari seperti apa surat penawaran itu.

Surat penawaran barang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama 'sales letter'. Sales letter adalah surat yang ditujukan kepada calon konsumen atau klien di mana sebuah perusahaan menawarkan produk yang mereka miliki.

Tidak sedikit perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia. Misalnya Toyota. Sebuah perusahaan industri otomotif yang berasal dari Jepang. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika surat penawaran dibuat dengan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa internasional. Dengan begitu, barang atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat akan lebih luas jangkauannya.

Poin-poin yang harus ada dalam sebuah surat penawaran berupa identitas perusahaan, jumlah stok barang atau kemampuan pelayanan, penjelasan produk atau jasa, pemberian harga khusus, tata cara pembayaran, sifat penawaran yang diajukan, dan administrasi.

Nah, agar lebih memahami bagaimana cara membuat surat penawaran, berikut brilio.net ulas pada artikel ini tentang tiga contoh surat penawaran barang dalam bahasa Inggris yang harus kamu ketahui, Kamis (20/10).

1. Contoh surat penawaran barang dalam bahasa Inggris.

THOMAS & CO. LTD
Regrent Street 435
London W.I

Ref: DS/RC
25 June 2009
The Krakatau Steel Engineering Co.
Cilegon
West Java

Subject: Request for Catalogue

We saw your advertisement in the "Metal Worker" a few days ago and interested in your steel products.

Please let us have the details of your product together with the sample, terms of payment and the price list. If the quality is satisfactory ajd the terms are reasonable, we will place a large order soon. Could you give us details of discount and the fastest delivery please.
We hope to receive your reply soon.

Yours faithfully,

Mr. John Lennon
Sales Manager

Sumber: lezgetreal.com

Terjemahan dalam bahasa Indonesia:

THOMAS & CO. LTD
Jalan Rerent 435
London W.I

Referensi: DS/RC
25 Juni 2009
Krakatau Steel Engineering Co.
Cilegon
Jawa barat

Perihal: Permintaan Katalog

Kami melihat iklan Anda di "Pekerja Logam" beberapa hari yang lalu dan tertarik dengan produk baja Anda.

Harap beri tahu kami detail produk Anda bersama dengan sampel, syarat pembayaran, dan daftar harga. Jika kualitasnya memuaskan dan persyaratannya masuk akal, kami akan segera memesan dalam jumlah besar. Bisakah Anda memberi kami detail diskon dan pengiriman tercepat.
Kami berharap untuk menerima balasan Anda segera.

Salam sejahtera,

Tuan John Lennon
Manajer penjualan



Magang: Ricka Milla Suatin