Brilio.net - Sebagai warga Indonesia, tentunya tidak asing dengan istilah 'pidato'. Pidato yaitu sebuah kegiatan yang cukup sering dilakukan. Tidak hanya di kalangan petinggi negara saja, pidato juga dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Di dalam pidato, seseorang bisa menyampaikan berbagai hal dengan banyak tujuan. Selain itu, pidato tidak hanya ada di pelajaran bahasa Indonesia. Bahasa Inggris pun mempelajari pidato.

Pidato adalah kegiatan berbicara di depan banyak orang. Pidato dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baik dan dapat diterima oleh pendengar. Umumnya, orang yang melakukan pidato akan menyampaikan gagasan kepada orang lain atau pendengar. Tujuan pidato adalah untuk menyampaikan hal-hal yang memiliki tujuan bermanfaat seperti edukasi.

Ide pembicaraan di dalam pidato akan menjelaskan mengenai ide dan petunjuk. Tak jarang juga orang yang menyampaikan pidato akan memberikan nasihat-nasihat kepada para pendengarnya. Hal itu juga tergantung dengan konteks dan kondisi pidato tersebut. Biasanya pidato akan dilakukan oleh orang yang dianggap penting. Dalam artian, orang tersebut dibutuhkan untuk menyampaikan sebuah penyataan atau pandangan. Hal-hal yang disampaikan tersebut berisi informasi dengan cara berorasi.

Akan tetapi, harus ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum melakukan pidato. Orang yang berpidato juga harus mengerti mengenai kegiatan pidato itu sendiri. Oleh karenanya, berikut brilio.net rangkumkan dari berbagai sumber pada Senin (10/10), tiga contoh pidato bahasa Inggris singkat dari berbagai tema dan terjemahannya.

1. Contoh pidato bahasa Inggris singkat tentang kemerdekaan.

Good morning, ladies and gentlemen.

Today is the day before the Independence Day of the Republic of Indonesia. Today certainly makes us remember our predecessors, freedom fighters who have sacrificed all their souls and bodies to dispel and expel the invaders from our homeland, beloved Indonesia.

With great valor, our heroes fought against the colonial and allied forces who continued to bombard our country from land, sea and air. However, the heroes were not afraid to come forward to fight. They dare to fight for the dignity of this nation.

It is this spirit that we should continue to achieve long-lasting success. We must not be oppressed by other nations who arbitrarily colonize in inappropriate ways such as western culture, drug smuggling and so on.

Therefore, we must keep what we have. So that this nation will always be eternally victorious. Always live my Indonesia. Independent! Independent! Independent!

Terjemahan:

Selamat pagi, bapak dan ibu.

Hari ini adalah sehari sebelum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Hari ini tentu membuat kita mengingat para pendahulu kita, para pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan seluruh jiwa dan raganya untuk menghalau dan mengusir penjajah dari tanah air kita, Indonesia tercinta.

Dengan gagah berani, para pahlawan kita berperang melawan penjajah dan pasukan sekutu yang terus membombardir negara kita dari darat, laut dan udara. Namun, para pahlawan tidak takut untuk maju berperang. Mereka berani memperjuangkan harkat dan martabat bangsa ini.

Semangat inilah yang harus terus kita capai untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Kita tidak boleh ditindas oleh bangsa lain yang seenaknya menjajah dengan cara yang tidak pantas seperti budaya barat, penyelundupan narkoba dan sebagainya.

Oleh karena itu, kita harus menjaga apa yang kita miliki. Sehingga bangsa ini akan selalu jaya selamanya. Hiduplah selalu Indonesiaku. Merdeka! Merdeka! Merdeka!

 

Magang: Ricka Milla Suatin