Brilio.net - Salah satu mata pelajaran yang masuk dalam jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) adalah sosiologi. Salah satu materi yang penting untuk dipelajari ini penerapannya sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Sosiologi adalah hubungan ilmu pengetahuan yang memberikan kajian terhadap masyarakat baik secara kelompok maupun secara individu. Kajian dalam sosiologi ini meliputi bentuk tindakan sosial yang dilakukan serta dampak yang dirasakan oleh masyarakat.

Pendekatan empirik menganalisis perilaku seseorang dengan mendapatkan informasi dari perilaku itu sendiri. Sedangkan, pendekatan etik menganalisis perilaku dari sudut pandang orang luar dan dibandingkan dengan budaya lain.

Hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan tidak terlepas dari studi empiris serta sikap objektif yang dilakukan oleh para ahli terhadap masalah sosial. Oleh karena itu, sejarah ilmu sosiologi lahir didasari pada kegusaran para ahli sosiologi yang melihat gelagat dan perubahan sikap dalam kehidupan bermasyarakat.

Biasanya, ujian pelajaran ini terdiri dari soal yang isinya kadang menjebak. Untuk itu, kamu perlu banyak latihan mengerjakan contoh soal sosiologi, agar semakin lihai mengetahui jawabannya.

Untuk itu, mari simak contoh soal sosiologi dan jawabannya berikut ini. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (2/11), ini dia 65 contoh soal sosiologi dan jawabannya, dilengkapi tips dan trik mudah mengerjakannya.