Brilio.net - Dalam pelajaran Bahasa Inggris tentunya tidak asing dengan istilah tense. Kali ini yang akan kita bahas adalah present continuous tense. Tense yang paling sering muncul dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah present continuous tense atau sering disebut present progressive tense.

Present continuous tense merupakan bentuk kata kerja yang digunakan untuk mengungkapkan aksi yang sedang berlangsung atau rencana masa depan. Bagi kamu yang masih penasaran atau ingin belajar lebih dalam, bisa berlatih dengan contoh soal yang sudah brilio.net sediakan. 

Pengertian present continuous tense 

Present continuous tense merupakan bentuk kalimat yang menyatakan suatu kegiatan atau aksi yang sedang berlangsung atau in progress pada waktu sekarang (present) atau rencana dimasa depan (future). Tense ini menunjukkan suatu kejadian sedang dilakukan atau sedang terjadi pada saat ini.

Tense ini dibentuk dengan auxiliary verb "be" is/am/are dan present participle (-ing). Is digunakan pada singular subject kecuali i dan you, are pada you dan plural subject, sementara am pada i.

Rumus present continuous tense 

(+) S + am/is/are + present participle

(-) S + am/is/are + not + present participle

(?) Am/is/are + s + present participle

Fungsi kalimat present continuous tense 

Keterangan waktu yang sering digunakan dalam contoh kalimat present continuous tense antara lain now, right now, at present, at the moment, today. Fungsi present continuous tense antara lain :

- Present continuous tense untuk membicarakan suatu kegiatan yang sedang terjadi sekarang

Contoh kalimat : I'm living with my sister at the moment.

- Present continuous tense untuk membicarakan suatu rencana atau perpindahan ke suatu tempat/kondisi

Contoh kalimat : The buses are arriving in an hour.

- Present continuous tense untuk mengungkapkan kejengkelan atas aksi yang terjadi berulang kali

Contoh kalimat : Why is the wild dog always barking at me?

- Present continuous tense untuk memberitahukan dan menanyakan apa yang sedang terjadi/berlangsung/dilakukan oleh seseorang pada saat kita berbicara sekarang ini

Contoh kalimat :

Is Dewi writing a letter at the moment?

Yes, she is. / No, she isn't.

Kumpulan contoh soal untuk latihan...