Brilio.net - Verba menjadi bagian penting dalam kalimat bahasa Indonesia. Verba seringkali ditemukan dalam berbagai macam kalimat. Secara singkat Verba dapat diartikan sebagai kata kerja.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata kerja atau verba adalah jenis kata yang memiliki fungsi untuk menggambarkan proses, perbuatan atau keadaan, sedangkan mental memiliki berarti bersangkutan dengan batin dan watak manusia

Salah satu jenis verba yang orang tidak banyak tahu adalah verba mental. Meski kata kerja mental tidak begitu populer, namun cukup sering dipakai dalam teks ceramah, berita, dan lain-lain.

Penasaran seperti apa verba mental. Berikut penjelasannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (13/12).

Pengertian verba mental

Contoh kalimat verba mental beserta penjelasan dan ciri-cirinya © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Secara umum, verba mental adalah jenis kata kerja yang digunakan untuk menjabarkan reaksi, respons, atau sikap seseorang terhadap suatu tindakan atau aktivitas. Jenis verba ini dikenal juga dengan sebutan kata kerja behavioral atau verba tingkah laku, karena menggambarkan perilaku seseorang terhadap suatu kejadian atau fenomena yang dialami. Kata kerja mental juga dapat diartikan juga sebagai jenis kata kerja yang mengekspresikan sikap atau respon seseorang terhadap suatu tindakan, pengalaman, atau keberadaan.

Jenis kata kerja ini juga disebut dengan kata kerja behavioral atau verba tingkah laku, yakni kata kerja yang menggambarkan tindakan, proses, atau situasi tertentu. Kata kerja mental mengacu pada tindakan yang dilakukan subjek, yang mana kata kerjanya berfungsi sebagai predikat dalam konfigurasinya.