Di dalam bahasa Indonesia terdapat berbagai macam jenis kalimat. Semua jenis kalimat ini memiliki fungsi dan ciri khasnya masing-masing.

Jika kamu mempelajari kalimat-kalimat yang ada di dalam bahasa Indonesia, tentu bisa berguna dalam kehidupan sehari-hari. Entah ketika digunakan dalam percakapan maupun untuk menyusun kalimat tulisan.

Salah satu kalimat yang ada di dalam bahasa Indonesia adalah kalimat retorik atau gaya bertutur. Tujuan seseorang menggunakan kalimat retorik ini bisa bermacam-macam. Mulai dari meyakinkan orang lain tentang suatu argumen, menghibur, menginspirasi, atau menyentuh perasaan orang.

Supaya lebih jelas, tentang apa itu kalimat retorik. Berikut adalah penjelasan tentang retorik beserta ciri-ciri, fungsi, serta contoh kalimatnya yang brilio.net himpun dari beberapa sumber pada Jumat (15/9).

Pengertian kalimat retorik.

contoh kalimat retorik © 2023 brilio.net

contoh kalimat retorik
pexels.com

Retorik bisa juga disebut retorika yang merupakan sebuah pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban. Retorika bisa juga diartikan sebagai sebuah kalimat tanya tetapi tidak bertanya.

Retorika merupakan suatu kalimat tanya yang sebenarnya mengandung sebuah makna pernyataan dan tidak memerlukan jawaban, karena jawabannya telah diketahui dan merupakan kalimat lengkap. Biasanya kalimat retorika terdapat pada suatu percakapan pada orang baru, hanya untuk sekadar basa-basi.