Brilio.net - Bahasa Indonesia memang mempunyai berbagai macam jenis kalimat. Jenis-jenis kalimat yang ada di bahasa Indonesia sudah semestinya untuk dipelajari, agar seseorang dapat mengetahui serta mengerti apa tujuan dan maksud dari suatu kalimat. Mengetahui jenis-jenis kalimat dapat mempermudah kehidupan seseorang untuk melakukan komunikasi lisan maupun membaca suatu teks atau tulisan.

Salah satu jenis kalimat yang sering digunakan dan sering seseorang lihat dalam kehidupan sehari-hari adalah kalimat petunjuk. Kalimat petunjuk memang sangat mudah sekali ditemukan dan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh kalimat petunjuk dapat ditemukan di suatu kemasan apa pun itu, entah itu cara membuka kemasan, cara membuat makanan di dalam kemasan, dan lain sebagainya.

Sebelum mengetahui contoh kalimat petunjuk serta cara membuat kalimat petunjuk, sebaiknya seseorang memahami terlebih dahulu pengertian dan ciri-cirinya. Berikut adalah contoh kalimat serta penjelasan tentang kalimat petunjuk lengkap dengan pengertian dan ciri-cirinya yang mudah dipahami, sebagaimana brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (21/11).

25 Contoh kalimat petunjuk, lengkap dengan pengertian dan ciri-cirinya berbagai sumber

foto: pexels.com

Pengertian kalimat petunjuk.

Kalimat petunjuk merupakan suatu kalimat yang berisi arahan atau bimbingan bagaimana sesuatu bisa dilaksanakan. Kalimat petunjuk juga bisa digunakan sebagai larangan untuk tidak melanggar sesuatu. Sedangkan menurut sebuah kutipan dari Kamus Lengkap Bahasa Indonesia oleh Bakir dan Suryanto (2006), kalimat petunjuk merupakan ketentuan yang memberi arah bagaimana sesuatu harus dilakukan, nasihat, ajaran, arahan, atau pedoman.

Jadi yang dimaksud dengan kalimat petunjuk adalah kalimat yang memberi arahan untuk melakukan sesuatu. Kalimat petunjuk juga bisa dikatakan sebagai pedoman. Kalimat petunjuk akan selalu ada di kegiatan sehari-hari, bahkan tidak jarang menemukan kalimat petunjuk di dalam kemasan makanan, buku pedoman peralatan masak, dan sebagainya. Kalimat petunjuk mempunyai bebarapa unsur pembangunnya yaitu sebagai berikut.

a. Tema

b. Tokoh dan perwatakan

c. Latar

d. Alur

e. Amanat

 

Magang: Agung Pradana Putra