Brilio.net - Dalam bahasa Inggris, menulis suatu kalimat memang sangat di perhatikan. Karena kesalahan menulis atau menggunakan suatu frasa dan kata hubung dapat mengubah arti serta dapat membingungkan bagi orang yang membacanya.

Salah satu yang perlu di perhatikan adalah penulisan conjunction yaitu “in order to” dan “in order that”. Kedua kata tersebut memiliki makna yang sama namun memiliki penggunaan yang berbeda. Perdaannya terletak pada penggunaan “in order to” lebih digunakan pada situasi umum, sedangkan “in order that” lebih pada situasi formal. Selain itu untuk “in order that”, selalu diikuti klausa yang mengandung subjek dan kata kerja sedangkan untuk “in order to” nantinya diikuti oleh kata kerja pertama atau V1.

Supaya dapat memahami lebih jelas dan tidak bingung, berikut ini adalah penjelasan tentang in order to dan in order that, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (5/12)

Contoh kalimat in order to dan in order that  © 2022 brilio.net

Foto: pexels.com

In order to

Secara umum In order to merupakan sebuah frasa atau kata hubung yang digunakan untuk menyatakan suatu tujuan dan memiliki dua klausa yang diantaranya adalah untuk menyatakan aksi dan menyatakan tujuan.

Sedangkan menurut Cambridge Dictionary, in order to merupakan subordinate conjunction yang diikuti bare infinitive. In order to berada di dalam suatu subordinate clause yang berfungsi untuk mengungkapkan tujuan dari sesuatu di dalam main clause. Kata hubung ini bermakna “with the purpose of (doing or achieving something)” (dengan tujuan untuk (melakukan atau memperoleh sesuatu)) dan lebih umum digunakan di dalam tulisan dibandingkan dalam percakapan sehari-hari. In order to memiliki bentuk negatif, yaitu: in order not to. Rumus In order to adalah ( a clause/action + in order to + a clause/purpose)

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan in order to di. Berikut adalah hal-hal yang perlu di perhatikan saat menggunakan in order to.

a. In order to selalu diikuti kata kerja infinitive

b. In order to bisa digunakan di awal kalimat

c. Jika in order to digunakan untuk menyatakan negative infinitive, maka frasa yang digunakan adalah in order not to

d. In order to biasanya digunakan sebelum stative verbs, seperti be, have, know, appear, understand, seem

In order that

Sama seperti in order to, kata hubung in order that juga memiliki fungsi yang sama, yaitu digunakan untuk menyampaikan sebuah tujuan.

In order that juga memiliki definisi (so that something can happen) atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah agar sesuatu dapat terjadi. Frasa ini sebenarnya bisa dibilang kurang umum karena digunakan hanya dalam situasi formal seperti pidato, makalah, essai, dokumen pernjanjian, atau surat-surat resmi lainnya. Dalam istilah in order that selalu diikuti klausa yang mengandung subjek dan kata kerja. Rumus in order that adalah (in order that + simple present tense)

Contoh kalimat in order to dan in order that  © 2022 brilio.net


foto: pexels.com