Brilio.net - Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari. Sebagai bahasa Internasional, masyarakat dunia lebih banyak berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa Inggris akan memperluas wawasan maupun relasimu di seluruh dunia.

Salah satu materi yang penting untuk dipelajari adalah materi tentang conjunction. Conjunction merupakan sebuah kata hubung yang digunakan untuk menghubungkan antarkata, antarfrasa, antarklausa, antarkalimat dalam sebuah percakapan bahasa Inggris.

Untuk menambah wawasan tentang conjunction, kamu harus mengetahui contoh kalimat yang menggunakan conjunction. Fungsi dari conjunction ini adalah untuk melengkapi sebuah kalimat atau untuk menyatukan dua klausa menjadi suatu kalimat yang padu.

Berikut ini brilio.net rangkum ulasan tentang kalimat conjunction baik dari pengertian, jenis,hingga contoh kalimat conjunction, Selasa (12/9).

Apa itu kalimat conjunction?

Contoh kalimat conjunction dalam kegiatan sehari-hari © 2023 brilio.net

foto : freepik.com

Conjunction sendiri merupakan sebuah kata yang digunakan untuk menghubungkan unit-unit bahasa yang setara (antara kata dengan kata dan frasa dengan frasa). Penggunaan conjunction ini ketika memiliki ide ataupun konsep menjadi sebuah kalimat atau bisa berbentuk kata, frasa, atau klausa.

Sampai saat ini, conjunction yang paling kamu kenal dan paling sering digunakan mungkin adalah and, or, but. Namun setiap kata hubung tentunya memiliki kegunaannya yang berbeda-beda.

Conjunction berbagi peran antara satu dengan yang lainnya, ada yang khusus digunakan dalam kalimat tunggal dan ada juga yang digunakan untuk menyatukan kalimat kompleks.

 

Fungsi dari kalimat conjunction

Sebagai sebuah kata hubung tentunya memiliki fungsi utama yaitu menghubungkan antar kata, namun fungsi lainnya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai penambahan (contoh conjunction and)

2. Pilihan (contoh conjunction either or)

3. Keterangan tambahan (contoh conjunction until)

4. Perbandingan (contoh conjunction than)

5. Pertentangan (contoh conjunction but)

6. Hubungan sebab akibat (contoh conjunction because)

7. Kesimpulan (contoh conjunction so)


Jenis-jenis kalimat conjunction

Contoh kalimat conjunction dalam kegiatan sehari-hari © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Setelah sebelumnya kalian mengetahui pengertian dan fungsi dari conjunction , kalimat conjunction sendiri terbagi menjadi tiga jenis yaitu: coordinating, correlative, dan subordinating conjunction. Dari ketiga jenis conjunction tersebut memiliki peran yang berbeda-beda dalam sebuah kalimat.

Berikut ini penjelasan dari jenis-jenis conjunction:

1. Coordinating Conjunction

Coordinating conjunction adalah kata penghubung yang digunakan untuk menghubungkan satu dengan kalimat lainnya yang sama atau setara.

Dalam conjunction ini terdapat kata-kata yang termasuk kedalam jenis conjunction ini yang biasanya disingkat dengan "FANBOYS" atau "For, And, Nor, But, Or, Yet, dan So".

2. Correlative Conjunction

Correlative conjunction adalah kata hubung yang pada dasarnya memiliki pasangan. Kata hubung jenis ini digunakan untuk menghubungkan unsur kalimat antara kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa.

Yang termasuk ke dalam jenis conjunction jenis ini di antaranya sebagai berikut:

- Both … and (baik … maupun)

- Between … and (di antara … dan)

- Neither … nor (tidak … tidak juga)

- Not only … but also (tidak hanya … tetapi juga)

- Not … but (tidak … tetapi)

- Either … or (baik … atau)

- He more … the less (semakin banyak … semakin sedikit)

3. Subordinating Conjunction

Conjunction jenis ini memiliki jangkauan kalimat yang lebih luas. Ia berperan sebagai kata penghubung bagi anak kalimat dan induk kalimat.

Tanpa subordinating conjunction, maka salah sebuah kalimat akan sulit dipahami apabila ia berdiri sendiri.

Berikut ini kata penghubung dari jenis conjunction ini:

- Before(sebelum)

- After (sesudah)

- When (kapan)

- Whether (apakah)

- Because (karena)

- Only if (hanya jika)

- Or else (jika tidak)

- Since (semenjak,karena)

- While (sementara)

- Even if (kalaupun)

4. Single Word

Conjunction jenis ini hanya terdiri dari satu kata saja. Contohnya seperti but, and, because, although, dan lain sebagainya.

5. Compound

Berbeda dengan single word, bentuk konjungsi compound itu lebih dari dua kata. Contohnya as if, as long as, provided that, in order that, so that, dan lain-lain.