Brilio.net - Kalimat sebab dan akibat memang sudah tidak asing lagi. Dalam kehidupan sehari-hari, kalimat sebab akibat sering sekali digunakan dalam berbagai macam percakapan dan penulisan. Di dalam bahasa Inggris, kalimat sebab akibat sering disebut dengan cause and effect.

Untuk memahami kalimat sebab akibat dalam bahasa Inggris lebih lengkap, simak penjelasan brilio.net yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/10).

Pengertian cause and effect.

Dalam bahasa Inggris, kalimat cause and effect memiliki arti sebab akibat. Kalimat ini merupakan jenis kalimat majemuk yang memiliki sebab dan dapat menimbulkan akibat. Cause sendiri dapat berarti sesuatu yang terjadi, sedangkan effect merupakan konsekuensi atau akibat dari adanya kejadian tersebut. Kalimat cause and effect biasanya mempunyai ciri-ciri kata atau frasa penanda yang disebut dengan kata penghubung atau konektor. Kata penghubung yang dapat digunakan untuk kalimat cause and effect yakni because, as, since, so, so that, therefore, as a result, thus, because of, hence, the reason for, unless, then, created by, dan due to.

Macam cause and effect.

Cause and effect terbagi menjadi dua macam, yaitu yang diikuti oleh noun, verb atau klausa. Berikut macam cause and effect beserta rumusnya:

a. Cause and effect + Noun.

Rumusnya (Connector + Cause, + Effect) dan (Effect + Connector + Cause). Dapat menggunakan kata penghubung due to, owing to, because of, as a result of, as a consequence of.

b. Cause and effect + Verb or Clause.

Rumusnya (Cause + Connector + verb or clause) menggunakan kata penghubung because, since, for, hence, thus, therefore, thereby, consequently, as a result.

 

 

 

Mgg: Agung Pradana Putra