Brilio.net - Di bangku sekolah khususnya SMA, tak asing jika mendapatkan salah satu mata pelajaran yang berbicara mengenai kehidupan serta makhluk hidup di alam. Apalagi jika bukan mata pelajaran Biologi.

Biologi mempelajari tentang kehidupan dan makhluk hidup yang mencakup morfologi, fisiologi, anatomi, perilaku, asal muasal dan distribusinya. Biologi juga mengkaji tentang kehidupan dan makhluk hidup yang telah punah.

Secara istilah Biologi berasal dari kata bahasa Yunani yaitu "bios" yang berarti kehidupan dan "logia" yang berarti ilmu. Kata Biologi pertama kali dicetuskan oleh Linnaeus dalam karyanya yang berjudul Bibliotecha botanica. Ilmu Biologi juga sudah dikenal sejak zaman dahulu seperti filsafat alam yang ditemui di zaman peradaban India, Mesir, Tiongkok, dan Mesopotamia.

Aristoteles merupakan salah satu tokoh yang berjasa dalam pengembangan ilmu Biologi. Dengan gelar karyanya yang berjudul Historia Animalum menunjukkan tentang penelitian alam, keanekaragaman hayati, dan sebab akibat secara biologis.

Selain itu, ada tokoh Islam yang juga ikut mengembangkan ilmu Biologi seperti al-Jahiz, ad-Dinawari yang menulis ilmu botani, serta ar-Razi yang menulis buku anatomi juga fisiologi. Dengan adanya kemajuan di bidang mikroskop, sangat mempengaruhi perkembangan Biologi. Para ahli Biologi mulai mempelajari konsep tentang sel yaitu satuan dasar organisme yang memiliki karakteristik kehidupan.

Saat kelas 10 SMA, adapun materi Biologi yang akan didapatkan, antara lain:
* BAB 1 - Ruang lingkup Biologi
* BAB 2 - Virus
* BAB 3 - Archaebacteria dan Eubacteria
* BAB 4 - Protista
* BAB 5 - Jamur
* BAB 6 - Keanekaragaman hayati
* BAB 7 - Tumbuhan
* BAB 8 - Hewan
* BAB 9 Ekosistem

Untuk mengetahui lanjut mengenai mata pelajaran Biologi, berikut ulasan contoh soal Biologi kelas 10 yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (6/10).

 

Magang: Annisa Dhea